Denpasar, beritaterkini.co.id – Dinas Pertanian Provinsi Bali kembali meraih prestasi membanggakan berupa Penghargaan Adhyasta Prajaniti tahun 2019. Prestasi penghargaan tersebut diberikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dinilai berhasil menerapkan Sistim Pengendalian Intern Instansi Pemerintah (SPIP) dengan baik. Menurut Kadis Tanaman Pangan Holtikura dan Perkebunan, Ir. Ida Bagus Wisnuardhana, M.Si, penghargaan kali ini berkat motto Bekerja Melayani Masyarakat dengan Sepenuh Hati, sehingga dinilai menerapkan SPIP yang baik. Diantaranya terkait tindakan dan kegiatan dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan OPD instansi dan seluruh pegawai, untuk tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan asset Negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Baca Juga :  Pasca apel pagi dan Halal Bihalal virtual, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta adakan swab

“Seleksi untuk memperoleh penghargaan yang dikoordinasikan oleh Inspektorat Provinsi Bali ini berjalan cukup panjang. Mulai dari pembuatan laporan dan proposal, verifikasi oleh Tim dan pelaksanaan prosentasi atau paparan Kepala OPD dihadapan Tim Juri Independen,” paparnya ketika ditemui di Denpasar, Rabu (14/8/2019). Bahkan, Wisnuardhana mengakui pihaknya tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan tersebut. Sebab penilaian sangat ketat dan ada beberapa indikator yang harus dipenuhi, seperti halnya menunjukkan bahwa OPD telah menerapkan SPIP dengan baik seperti tercapainya target fisik kegiatan 100% dan sesuai ketentuan, terkelolanya keuangan secara efektif, efisien, akuntabel dan transparan.

Disamping itu, penyimpangan-penyimpangan dalam pengelolaan kegiatan dan keuangan juga harus ditekan serendah-rendahnya serta tingginya tingkat kepuasan masyarakat yang dilayani. “Syarat tersebut harus dipenuhi, sehingga diperolehnya penghargaan Adhyasta Prajaniti oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bali, karena sistim kami yang telah dibangun, lebih menekankan pada integritas (kejujuran) dengan moto melayani dengan sepenuh hati yang dilakukan oleh seluruh SDM pada organisasi dimulai dari pimpinan sampai dengan staf terbawah,” paparnya seraya berharap, melalui penghargaan ini dapat lebih memacu semangat untuk bekerja lebih baik, lebih berintegritas dengan etos kerja yang terus ditingkatkan. tra/ama

Baca Juga :  Presiden Jokowi resmi menandatangani UU HPP pada 29 Oktober 2021. Kini, KTP telah resmi menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

 

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here