Berita

Layani Sepenuh Hati, Dinas Pertanian Provinsi Bali Raih Adhyasta Prajaniti

Denpasar, beritaterkini.co.id – Dinas Pertanian Provinsi Bali kembali meraih prestasi membanggakan berupa Penghargaan Adhyasta Prajaniti tahun 2019. Prestasi penghargaan tersebut diberikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dinilai berhasil menerapkan Sistim Pengendalian Intern Instansi Pemerintah (SPIP) dengan baik. Menurut Kadis Tanaman Pangan Holtikura dan Perkebunan, Ir. Ida Bagus Wisnuardhana, M.Si, penghargaan kali ini berkat motto Bekerja Melayani Masyarakat dengan Sepenuh Hati, sehingga dinilai menerapkan SPIP yang baik. Diantaranya terkait tindakan dan kegiatan dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan OPD instansi dan seluruh pegawai, untuk tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan asset Negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Seleksi untuk memperoleh penghargaan yang dikoordinasikan oleh Inspektorat Provinsi Bali ini berjalan cukup panjang. Mulai dari pembuatan laporan dan proposal, verifikasi oleh Tim dan pelaksanaan prosentasi atau paparan Kepala OPD dihadapan Tim Juri Independen,” paparnya ketika ditemui di Denpasar, Rabu (14/8/2019). Bahkan, Wisnuardhana mengakui pihaknya tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan tersebut. Sebab penilaian sangat ketat dan ada beberapa indikator yang harus dipenuhi, seperti halnya menunjukkan bahwa OPD telah menerapkan SPIP dengan baik seperti tercapainya target fisik kegiatan 100% dan sesuai ketentuan, terkelolanya keuangan secara efektif, efisien, akuntabel dan transparan.

Disamping itu, penyimpangan-penyimpangan dalam pengelolaan kegiatan dan keuangan juga harus ditekan serendah-rendahnya serta tingginya tingkat kepuasan masyarakat yang dilayani. “Syarat tersebut harus dipenuhi, sehingga diperolehnya penghargaan Adhyasta Prajaniti oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bali, karena sistim kami yang telah dibangun, lebih menekankan pada integritas (kejujuran) dengan moto melayani dengan sepenuh hati yang dilakukan oleh seluruh SDM pada organisasi dimulai dari pimpinan sampai dengan staf terbawah,” paparnya seraya berharap, melalui penghargaan ini dapat lebih memacu semangat untuk bekerja lebih baik, lebih berintegritas dengan etos kerja yang terus ditingkatkan. tra/ama

 

Related Articles

2 Comments

  1. Thanks for another informative blog. The place else may
    I get that kind of info written in such a perfect method?
    I have a project that I am simply now running on,
    and I have been on the look out for such information.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: