Ekonomi

Stok Kuota Rumah MBR Tahun 2019 Habis, Pengembang Perumahan FLPP Diambang Kebangkrutan


Denpasar, beritaterkini.co.id – Stok kuota pembangunan rumah MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) secara nasional dinyatakan ludes alias telah habis, sehingga pengembang perumahan tersebut diambang kebangkrutan akibat terjadi back log kebutuhan rumah hingga 5 ribu unit rumah murah bersubsidi di Bali tahun 2019. Tentunya ini disebabkan tidak tersedianya lagi FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) dan SSB (Subsidi Selisih Bunga). Untuk tetap mendukung program pembangunan sejuta rumah, Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) ngotot agar kuota di Bali ditambah dengan mendesak Bank Tabungan Negara (BTN) agar segera menfasilitasi para pengembang dengan penyaluran kredit KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) berupa subsidi uang muka.

Ketua DPD Himperra Bali Wayan Jayantara mengatakan, pihaknya sangat berharap ada kemudahan kredit yang bisa disalurkan dalam pengembangan MBR di Bali. Sehingga program BP2BT yang merupakan kredit kepemilikan rumah bersubsidi, program kerja sama antara Bank BTN dengan Kementerian PUPR bisa dialihkan ke Bali agar kebutuhan pembangunan rumah di tahun 2019 bisa dipenuhi dengan baik. “Kami dari pengembang khususnya Himperra sempat terjadi keresahan masalah kuota, yang ada 234.000 unit secara nasional sudah habis. Kami mencoba untuk mencari terobosan-terobosan untuk bisa tetap kita eksis di dalam hal perumahan murah ini. Kemana arah kita, arah kita itu ada namanya BP2BT yang mana itu di Pemda kabupaten dan kota belum siap sebagai pelaksana,” jelas Jayantara usai berdiskusi dengan Branch Manager Bank BTN Kantor Cabang Denpasar, Harman Soesanto, Kamis (5/9/2019).

Jayantara juga menjelaskan dana BP2BT merupakan pinjaman dari Bank Dunia, sehingga diharapkan mampu menjawab permasalahan kredit rumah MBR hingga bulan Desember mendatang. Alokasi bantuan subsidi uang muka ini sekaligus mampu mengawal semangat pengembang dalam mensukseskan program sejuta rumah untuk pemerintah. Kendati demikian Jayantara tetap berharap kuota MBR di tahun 2020 untuk Bali bisa ditingkatkan agar back log kebutuhan rumah bisa terus ditekan. “Mudah-mudahan untuk tahun 2020 ini kami diberikan kuota yang khusus untuk Bali tentang perumahan murah tersebut. Dulu kuota Bali ini nggak jalas sampai sekarang, karena kami sendiri tahun 2018 bisa merealisasikan kurang lebih 72%, sekitar 2.430 unit. Kalau tahun 2019 sampai di bulan Agustus itu baru di angka 1.200 yang artinya masih kecil. Untuk mengejar ini hingga bulan Desember kita harapkan BTN bisa memberikan kelonggaran melalui kredit komersil yang bisa dikatanan FLPP atau subsidi,” harapnya.

Branch Manager Bank BTN Kantor Cabang Denpasar, Harman Soesanto mengatakan, fasilitas FLPP dan SSB harus dialihkan melalui BP2BT. Dijelaskanny anggaran untuk KPR subsidi FLPP dan SSB sudah semakin menipis dan tentunya tidak mencukupi untuk kebutuhan realisasi KPR subsidi di Provinsi Bali. Sehingga diharapkan pengembang yang tergabung di Himperra mampu menyajikan data secara real kebutuhannya untuk tahun 2019 hingga Desember. “Makanya kami dari Bank BTN ingin mengalihkan subsidi FLPP dan SSB ini ke KPR subsidi BP2BT tersebut. Ini yang tadi kami rapatkan di atas bagaimana teknis pelaksanaannya, sekaligus sosialisasi kepada rekan-rekan pengembang di Himperta apa itu KPR subsidi BP2BT, bagaimana proses ataupun prosedur untuk bisa mendapatkan KPR BP2BT itu yang sekarang ini sedang kita jajaki supaya ini bisa terealisir,” jelasnya.

Diterangkan FLPP yakni fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan sedangkan SSB adalah subsidi selisih bunga. Jadi program ini memberikan subsidi suku bunga dari debitur KPR atau konsumennya di mana suku bunganya adalah tetap sampai jangka waktu kredit berakhir sebesar 5%. Sementara BP2BT adalah subsidi bantuan uang muka hingga kurang lebih di angka Rp 40 juta. Perbedaanya pada uang muka sementara cicilannya menggunakan suku bunga normal dikisaran 10%. “Jadi fokus kita sekarang ini yang tersedia kuota di BP2BT, makanya kami mengarahkan kepada rekan-rekan Himperra untuk menggunakan skin BP2BT jangan lagi mengharap kepada FLTP dan SSB karena memang sudah tidak tersedia lagi. Kemungkinan akan tersedia di tahun depan, tahun 2020 dengan anggaran yang baru karena menggunakan APBN. Teman-teman sendiri silahkan menghitung berapa kebutuhan sampai di bulan Desember 2019 ini nah kita kan coba untuk memenuhi dengan BP2BT itu,” tandasnya. tim jp

Related Articles

42 Comments

  1. Having read this I thought it was very informative. I appreciate you finding the time and effort to put this article together. I once again find myself spending way too much time both reading and leaving comments. But so what, it was still worth it!

  2. Hey there! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew where I could find a captcha plugin for my comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having trouble finding one? Thanks a lot!

  3. It is appropriate time to make a few plans for the future and it is time to be happy. I have read this post and if I may I want to suggest you few fascinating things or suggestions. Perhaps you could write next articles referring to this article. I wish to read more things approximately it!

  4. Fantastic site you have here but I was wanting to know if you knew of any message boards that cover the same topics talked about in this article? I’d really love to be a part of online community where I can get responses from other knowledgeable individuals that share the same interest. If you have any recommendations, please let me know. Kudos!

  5. Это лучшее онлайн-казино, где вы можете насладиться широким выбором игр и получить максимум удовольствия от игрового процесса.

  6. What i do not realize is actually how you’re now not really a lot more smartly-favored than you may be right now. You are so intelligent. You know therefore significantly on the subject of this topic, produced me in my opinion believe it from numerous numerous angles. Its like men and women aren’t interested until it’s something to accomplish with Woman gaga! Your own stuffs excellent. All the time deal with it up!

  7. Хотите получить идеально ровный пол без лишних затрат? Обратитесь к профессионалам на сайте styazhka-pola24.ru! Мы предоставляем услуги по стяжке пола м2 по доступной стоимости, а также устройству стяжки пола под ключ в Москве и области.

  8. This design is spectacular! You certainly know how to keep a reader entertained. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Great job. I really enjoyed what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!

  9. I love your blog.. very nice colors & theme. Did you design this website yourself or did you hire someone to do it for you? Plz answer back as I’m looking to create my own blog and would like to know where u got this from. thanks a lot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: