Oleh : Richard Mangangue

BeritaTerkini.co.id – BENTROK antar kelompok mahasiswa pecah di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Jumat (4/10/2019).

Tambahkan mahasiswa Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terlibat saling lempar batu. Dirilis, terhitung jendela bangunan dari universitas terbesar di Sulawesi Utara itu pecah dan kendaraan yang terparkir di dua fakuktas yang bersebelahan itu pecah kacanya.

Pembantu Rektor (PR) III, Ronny Gosal, menyebut acara ini terjadi pemilihan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), sehari sebelumnya. Dalam proses pemilihan BEM, berkas dari salah satu calon tidak lengkap jadi dianulir dari proses pemilihan Kamis malam (3/10).

Baca Juga :  Rapat Kerja Wilayah Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Atau Rakerwil FK PKBM provinsi Sulawesi Tengah, dilaksanakan di Palu tanggal 18- 21 September 2021 mendatang

“Memang saat disetujui oleh komisi pemilihan umum mahasiswa (KPUM) yang diminta tidak dapat menerima itu,” ujar Gosal.
Sebagai kelanjutannya, “Pada pukul 02.00 Wita (Jumat), saya diberi info kaca di salah satu gedung FISIP dilempar oknum tidak dikenal. Lalu pada pukul 13.15 pecah aksi saling lempar batu antara dua fakultas. Saya dan banyak dosen. Namun, tidak berhasil karena derasnya hujan di koridor antara dua fakultas ini. Menurutnya, jika para pembuat rusuh sudah memiliki bukti dan buktinya cukup, mereka pasti akan menyetujui sanksi akademis, ”tambah Ronny Gosal.

Kapolresta Manado, Kombes Pol. Benny Bawensel, SIK, yang terjun ke lokasi bentrok, mengatakan bahwa ini adalah masalah internal kampus Unsrat. Ia yakin, hal ini bisa diselesaikan dua pimpinan Fakultas yang bersengketa.

Baca Juga :  TEC Gelar Silaturahmi Bersama Umat Kristiani, Pengusaha Online, dan Perwakilan Pedagang Pasar Kalianda

“Kepolisian tetap berjaga. Saya sudah antisipasi untuk berjaga bila saja terjadi pengulangan peristiwa. Namun, kondisi sudah kondusif saat ini, saya harapkan masalah ini tidak dapat dikembangkan dan bisa diselesaikan, ”kata Kapolresta Manado.

Sementara pimpinan fakultas hukum Unsrat, Rodrigo Elias, mengumumkan pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar pertemuan malam kekeluargaan yang melibatkan mahasiswa kedua fakultas.

 

Beritaterkini.co.id/lle

 

6 KOMENTAR

  1. hello there and thank you for your information –
    I have definitely picked up anything new from right here.
    I did however expertise several technical issues using this website,
    as I experienced to reload the website lots of times previous to I
    could get it to load correctly. I had been wondering if your hosting is OK?
    Not that I am complaining, but slow loading
    instances times will very frequently affect your
    placement in google and could damage your quality score if
    advertising and marketing with Adwords. Well I’m adding this RSS to my
    e-mail and can look out for much more of your respective exciting content.
    Ensure that you update this again soon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here