30, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

GEGARA PEMILIHAN KETUA BEM, BENTROK PECAH DI UNSRAT

2 min read

Beritaterkini.co.id/richard

Oleh : Richard Mangangue

BeritaTerkini.co.id – BENTROK antar kelompok mahasiswa pecah di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Jumat (4/10/2019).

Tambahkan mahasiswa Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terlibat saling lempar batu. Dirilis, terhitung jendela bangunan dari universitas terbesar di Sulawesi Utara itu pecah dan kendaraan yang terparkir di dua fakuktas yang bersebelahan itu pecah kacanya.

Pembantu Rektor (PR) III, Ronny Gosal, menyebut acara ini terjadi pemilihan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), sehari sebelumnya. Dalam proses pemilihan BEM, berkas dari salah satu calon tidak lengkap jadi dianulir dari proses pemilihan Kamis malam (3/10).

Baca Juga :  Danlanal Tegal Dampingi Kunker Menteri Koperasi di TPI Pelabuhan Pekalongan

“Memang saat disetujui oleh komisi pemilihan umum mahasiswa (KPUM) yang diminta tidak dapat menerima itu,” ujar Gosal.
Sebagai kelanjutannya, “Pada pukul 02.00 Wita (Jumat), saya diberi info kaca di salah satu gedung FISIP dilempar oknum tidak dikenal. Lalu pada pukul 13.15 pecah aksi saling lempar batu antara dua fakultas. Saya dan banyak dosen. Namun, tidak berhasil karena derasnya hujan di koridor antara dua fakultas ini. Menurutnya, jika para pembuat rusuh sudah memiliki bukti dan buktinya cukup, mereka pasti akan menyetujui sanksi akademis, ”tambah Ronny Gosal.

Kapolresta Manado, Kombes Pol. Benny Bawensel, SIK, yang terjun ke lokasi bentrok, mengatakan bahwa ini adalah masalah internal kampus Unsrat. Ia yakin, hal ini bisa diselesaikan dua pimpinan Fakultas yang bersengketa.

Baca Juga :  KOMISIONER KPK NAWAWI PAMOLANGO YAKIN PRAKTIK KORUPSI DI PERADILAN BISA DIBERSIHKAN

“Kepolisian tetap berjaga. Saya sudah antisipasi untuk berjaga bila saja terjadi pengulangan peristiwa. Namun, kondisi sudah kondusif saat ini, saya harapkan masalah ini tidak dapat dikembangkan dan bisa diselesaikan, ”kata Kapolresta Manado.

Sementara pimpinan fakultas hukum Unsrat, Rodrigo Elias, mengumumkan pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar pertemuan malam kekeluargaan yang melibatkan mahasiswa kedua fakultas.

 

Beritaterkini.co.id/lle

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *