27, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Awas! Inilah Gejala Kanker Tenggorokan yang Harus Anda Ketahui

3 min read

JAKARTA – BERITATERKINI.co.id – Kanker bisa menyerang beberapa bagian tubuh seperti paru-paru, payudara, serviks, mulut, hidung, bahkan tenggorokan. Meski kasusnya dibilang jarang, Anda tetap perlu mewaspadai kanker tenggorokan. Deteksi dini gejala kanker tenggorokan bisa meminimalkan risiko untuk tubuh.

Gejala kanker tenggorokan dapat berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada lokasi awal sel kanker muncul. Secara umum, berikut gejala kanker tenggorokan yang harus diwaspadai seperti dilansir dari Hello Sehat.

1. Benjolan di leher

Ciri-ciri paling khas dari kanker tenggorokan adalah munculnya benjolan tak lazim yang menandakan tumor. Bila Anda menemukan adanya benjolan di leher yang tumbuh cepat dalam waktu singkat, bisa jadi ini adalah gejala kanker tenggorokan. Terkadang benjolan ini sangat jelas terasa ketika Anda meraba leher.

Sayangnya, ada banyak kondisi lain yang juga menyebabkan benjolan di leher, misalnya karena radang amandel. Namun, benjolan karena radang tenggorokan biasanya hilang setelah penyakitnya sembuh. Benjolan tanda kanker umumnya tidak akan hilang dan justru semakin membesar.

2. Perubahan suara yang tidak biasa

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perubahan suara. Dari penyakit batuk dan pilek, radang tenggorokan, atau karena habis teriak terlalu kencang.

Baca Juga :  LAWAN COVID-19, IBU RIANA SARI ARINAL SALURKAN APD DAN PAKET SEMBAKO UNTUK DRIVER ONLINE, TIM MEDIS, MEDIA DAN TENAGA KEBERSIHAN DI MAHAN AGUNG

Namun bila suara Anda serak tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, bisa jadi hal ini merupakan gejala kanker tenggorokan. Perubahan suara dapat menandakan sel kanker tengah menyerang pita suara Anda. Akibatnya, suara Anda bisa jadi serak atau bahkan hilang sama sekali.

3. Sakit tenggorokan

Kanker juga bisa menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan tidak nyaman. Rasa sakit ini sebenarnya mirip dengan radang tenggorokan. Bedanya, rasa sakit pertanda kanker tenggorokan muncul tiba-tiba tanpa sebab yang jelas. Rasa sakitnya pun cenderung lebih intens dan tidak kunjung hilang meski sudah minum obat.

4. Kesulitan menelan

Ketika tumor di tenggorokan makin membesar, Anda biasanya akan cenderung merasa lebih sulit menelan makanan. Beberapa orang bahkan tidak dapat menelan sama sekali.

Anda mungkin merasa seperti ada yang tersangkut atau mengganjal di tenggorokan sehingga perlu berdehem terus menerus. Rasa tidak nyaman ini juga sering kali membuat Anda malas makan.

5. Telinga terasa sakit

Rasa sakit di tenggorokan bisa menjalar hingga ke bagian telinga. Anda mungkin akan merasakan telinga seperti berdenging dan nyut-nyutan tidak karuan. Beberapa orang bahkan sampai merasa kurang bisa mendengar jelas.

Baca Juga :  Benyamin Davnie Kunjungi Kampung Tangguh " Jawara Tangsel " di Margajaya

Jangan sepelekan rasa sakit di telinga yang intens dan persisten. Sebelum terlanjur parah, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

6. Berat badan turun drastis

Berat badan yang turun drastis secara mendadak dan tanpa alasan yang jelas bisa jadi ciri-ciri kanker tenggorokan. Dr dr Noorwati S., SpPD KHOM dalam laman Detik mengatakan, berat badan turun drastis bisa disebabkan karena sel kanker menyerap gula dari tubuh pasien. Kondisi ini menyebabkan asupan energi pasien berkurang sehingga tubuh akan mengambil makanan cadangan energi dari lemak.

Bila hal ini terus terjadi, massa otot serta jaringan lemak akan berkurang atau bahkan hilang sehingga sebagian besar berat badan Anda turun. Maka jika berat badan turun lebih dari 5% dan Anda tidak nafsu makan, segera periksakan diri ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *