JAKARTA – BERITATERKINI.co.id – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan Jembatan Holtekamp, dalam salah satu agenda Kunjungan Kerja (Kunker) ke Papua.

Jembatan dengan panjang 733 meter ini mulai dibangun pada tanggal 9 Mei 2019 lalu, dimana peletakan bati pertama dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi.

Selain itu, sebagian pengerjaan jembatan ini juga dilakukan oleh PT PAL yang berlokasi di Surabaya. Hal ini untuk memudahkan pembangunan jembatan.

Baca Juga :  Jadi Ikon Indonesia Timur, Jembatan Holtekamp di Papua Habiskan Anggaran Rp1,6 Triliun

Jembatan ini juga memiliki dua bentang utama di mana satu bentangnya memiliki berat total hingga 2.000 ton. Kemudian, puncak lengkung jembatan memiliki tinggi 20 meter.

“Ini adalah struktur jembatan yang enggak main-main. Pengawasannya harus diperhatikan betul. Makanya ini kami kerjakan di tempatnya PT PAL,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada 3 Desember 2017 di Galangan PT PAL Surabaya saat secara resmi melepaskan pengapalan jembatan.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Belum Mau Keluarkan Perppu KPK, Ini Alasannya

Sedangkan waktu pengapalan membutuhkan waktu antara 28-30 hari untuk sampai di Bumi Cendrawasih.

Pada pertengahan September 2018 lalu progres pembangunan jembatan sebenarnya sudah mencapai 99,7% dan ditargetkan rampung akhir September 2018. Kini, Jembatan Holtekamp kebanggaan Jokowi itu siap diresmikan.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here