JAKARTA – BERITATERKINI.co.id – Mendagri Tito Karnavian memastikan bahwa Papua Selatan akan menjadi Provinsi.

Kepastian soal pemekaran Papua Selatan itu didapatkan setelah Tito mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berkunjung ke Papua.

“Pemerintah Pusat kemungkinan mengakomodir hanya penambahan dua Provinsi. Ini yang lagi kita jajaki, yang jelas Papua Selatan sudah oke lah,” ujar Tito di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019).

Baca Juga :  Kunjungi Papua, Presiden Jokowi Komitmen Bangun Infrastruktur dan SDM

Menurut dia, saat ini tinggal membahas Kota Merauke untuk dimasukkan dalam wilayah Papua Selatan. Pasalnya sebuah provinsi minimal terdiri dari lima kota.

“Tinggal pemekaran kota Merauke harus. Karena harus lima (kota). Sementara baru empat. Mapi, Boffem digoel, Asmat, Merauke. Kalau ada kota Merauke maka oke,” jelasnya.

Gubernur Papua yang wilayahnya akan masuk Papua Selatan juga sudah setuju untuk dilakukan pemekaran.

“Papua Selatan hampir enggak ada masalah termasuk Gubernurnya pak Lukas Enembe enggak ada masalah,” pungkasnya.

Baca Juga :  Raih Kinerja Anggaran 2019 Terbaik, Yasonna Laoly: Ini Uang Rakyat yang Harus Dipertanggung Jawabkan Hingga Sekecil-kecilnya

Sebelumnya, Jokowi menyetujui dua atau tiga wilayah dari lima wilayah yang diusulkan tokoh Papua untuk dilakukan pemekaran.

“Terkait pemekaran, jangan banyak-banyak dulu. Tapi bapak menyampaikan, tambahan lima. Ini total atau tambahan? Saya iya, tapi mungkin tidak lima (wilayah) dulu. Mungkin kalau nggak dua (atau) tiga,” ujar Jokowi di Istana Negara Jakarta, Selasa (10/9/2019).

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here