JAKARTA – BERITATERKINI.co.id – Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR, Didik Mukrianto berharap calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo, Komjen Idham Aziz mampu menjamin keamanan masyarakat dan melakukan penegakan hukum dengan adil.

Didik membenarkan jika pada hari ini akan dilakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap Komjen Idham Aziz.

Menurut dia, sebelum uji kepatutan dan kelayakan dilakukan, Komisi III DPR akan terlebih dahulu mengunjungi kediaman Idham Aziz.

“Benar, hari ini Komisi III DPR mengagendakan serangkaian kegiatan yaitu kunjungan ke kediaman pribadi calon Kapolri Idham Aziz, kemudian RDPU untuk mendengar masukan masyarakat, dan menjelang sore hari akan dilakukan uji kelayakan” kata Didik Mukrianto di Komplek Parlemen, Selasa malam, (29/10/2019).

Didik mengatakan jika Idham Aziz merupakan anggota Korp Bhayangkara yang sarat dengan prestasi.

Baca Juga :  DIREKTUR LSM JARRAK MENDUKUNG MENKUMHAM ISI JABATAN DIRJENPAS DARI JENDRAL POLISI

“Perjalanan karir beliau di Polri cukup baik, dengan berbagai capaian, keberhasilan, serta legacy yang membanggakan. Beliau salah satu anggota Polri yang pernah mendapatkan penghargaan kenaikan pangkat luar biasa karena prestasinya di era Presiden SBY, termasuk Pak Tito Karnavian,” lanjut Ketua Umum Karang Taruna Nasional ini.

Legislator Dapil Jatim 9 ini mengingatkan bahwa tantangan kinerja Polri ke depan semakin berat dalam menghadapi berbagai dinamisasi dan globalisasi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Saya yakin sepenuhnya, dengan kapasitas, kapabilitas, kompetensi, dan komitmen beliau, Polri secara kelembagaan akan lebih baik lagi dalam melakukan penegakan hukum dan menjamin rasa aman masyarakat.”

“Namun saya mengingatkan dinamika politik kedepan, khususnya dalam Pilkada 2020, Polri harus terus menjamin netralitas aparatnya untuk menghadirkan demokrasi yang baik di negeri ini,” tegas Didik

Baca Juga :  Hadapi Wabah Corona, Wakil Menhan Berikan Imbauan : "Kami Perang Di Luar, Anda Bertahan Di Rumah Itu Bela Negara"

Selain itu Didik juga berharap agar Polri terus melakukan pengawasan internal, meningkatkan kinerja dan penguatan kelembagaan, serta profesionalisme para anggotanya dalam menjawab tantangan perubahan yang sedemikian cepat, dan juga harapan masyarakat soal penegakan hukum yang berkeadilan.

“Kejahatan terorisme, siber dan dan kejahatan trans nasional lainnya harus tetap menjadi perhatian dan tantangan tersendiri. Selain itu pengawasan internal dalam rangka penguatan kinerja dan kelembagaan Polri juga harus menjadi fokus calon Kapolri kedepan. Untuk itu Polri harus lebih dekat lagi dengan masyarakat,” pungkas Didik.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here