JAKARTA – BERITATERKINI.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2020 menjadi Rp4.276.349.

Angka ini mengalami kenaikan sebesar 8,51% dibandingkan Rp3.940.000.

“Penetapan upah minimum provinsi DKI Jakarta ini sesuai dengan dasar hukum yang berlaku baik undang-undang maupun peraturan pemerintah DKI Jakarta,” tutur Anies di di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (01/11/2019).

Baca Juga :  Dibuka Ketua MPR RI, Kadin Indonesia Siap Gelar Munas Ke-IX

Anies menjelaskan Khusus buruh DKI Jakarta yang memiliki gaji setara dengan upah minimum provinsi hingga 10% di atasnya, jadi plus minus 10%, itu bisa mendapatkan kartu pekerja. Dengan kartu pekerja ini, kata Anies, akan mendapatkan sejumlah manfaat. Pertama adalah fasilitas transportasi umum gratis, menggunakan sistem Jak lingko.

Kedua fasilitas keanggotaan di Jakgrosir sehingga bisa berbelanja produk kebutuhan sehari-hari, dengan harga yang lebih murah. Ketiga, fasilitas belanja subsidi pangan murah untuk kebutuhan-kebutuhan keseharian, di samping fasilitas KJP plus serta kuota jalur afirmasi bagi anak-anaknya yang sekolah.

Baca Juga :  Siasati Penjualan Komoditas Hortikultura, Kementan Gandeng Sejumlah Startup

“Program kartu pekerja ini telah diluncurkan sejak tahun 2018 dan kita bekerjasama bersama dengan para serikat buruh federasi, untuk melakukan distribusi kebutuhan-kebutuhan pokok dengan adanya koperasi-koperasi yang dibangun bekerja sama dengan Pasar Jaya,” terang Anies dilansir detikcom.

25 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here