JAKARTA – BERITATERKINI.co.id – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani mengatakan dirinya akan segera melacak dan menelusuri soal ‘desa siluman’ yang juga menerima dana desa mencapai Rp1 miliar.

Sri Mulyani mengaku mendapatkan informasi tersebut usai mengikuti rapat kabinet perdana.

“Kami mendengarnya sesudah pembentukan kabinet dan nanti akan kami investigasi,” kata Sri Mulyani usai mengikuti rapat kerja dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin, (04/11/2019).

Baca Juga :  POTENSI WISATA SARMASI AIR TERJUN TERTINGGI DI SIDRAP YANG SIAP DIKEMBANGKAN.

Dia mengatakan bahwa desa siluman muncul karena selama ini transfer dana desa yang dilakukan pemerintah pusat pengawasannya kurang ketat.

Menurut Sri Mulyani, desa fiktif tersebut dilakukan dengan cara mengusulkan pengajuan dana desa, namun desa tersebut baru dibuat belakangan. Karena itu, dirinya akan melakukan inventarisasi desa-desa bersama dengan Menteri Dalam Negeri untuk mencegah hal ini berlanjut.

Mantan Direktur Bank Dunia ini menjelaskan, dirinya juga akan mencari tahu mekanisme seperti apa dalam hal terbentuknya sebuah desa. Termasuk melakukan identifikasi siapa pihak terkait yang bisa melakukan hal itu.

Baca Juga :  BANTUAN PEMERINTAH TP PROVINSI DINPERTAN KP KAB BANYUMAS IRIGASI PEMPOMPAAN POKTAN TANI MAKMUR DESA KARANG JATI KECAMATAN KEMRANJEN

“Kami tentu akan lihat seluruh prosedurnya supaya jangan sampai ada statemen, yang kwmudian menimbulkan persoalan, terkait berapa jumlah desanya, lokasinya di mana dan bagaimana transfernya,” tutur Sri Mulyani.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here