21, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Ini Penjelasan Prabowo Soal Konsep Pertahanan Rakyat Semesta

2 min read

JAKARTABERITATERKINI.co.id – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berbicara soal konsep Pertahanan Rakyat Semesta dalam Rapat Kerja bersama Komisi I DPR.

“Dan terus terang pertahanan kita selama ini, secara sejarah, dan saya kira sampai sekarang berlaku, dan mungkin kita akan teruskan adalah bahwa pertahanan kita harus mendasarkan dan kita gunakan adalah Pertahanan Rakyat Semesta,” kata Prabowo di ruang rapat Komisi I kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Konsep tersebut diyakini Prabowo bisa digunakan jika sewaktu-waktu terjadi perang. Pasalnya kata dia, secara teknologi Indonesia masih jauh dibandingkan dengan negara lain.

Baca Juga :  KPU Provinsi Lampung Lakukan Konsolidasi Pemetaan TPS, Persiapan Jelang Pilkada 8 Kabupaten/Kota

“Jadi saudara-saudara, banyak wartawan ini, kita tidak usah terlalu, istilahnya membuka diri, tapi kita mengerti dan kita memahami bahwa mungkin saat ini secara teknologi, kita, mungkin tidak bisa mengalahkan kekuatan teknologi bangsa lain,” sebut Prabowo.

“Tetapi pertahanan kita yang berdasarkan pemikiran, konsep Pertahanan Rakyat Semesta, perang, kalau terpaksa kita terlibat dalam perang, perang yang akan kita laksanakan adalah Perang Rakyat Semesta, The Concept of The Total Peoples War,” imbuhnya.

Baca Juga :  PRAKTISI HUKUM, GINDHA ANSORY MINTA PENYEBAR HOAX PENUTUPAN GERBANG BAKAUHENI DITANGKAP

Dengan konsep tersebut Prabowo mengaku bahwa tidak akan ada negara lain yang akan melakukan penjajahan ke Indonesia.

“Itu adalah doktrin Indonesia selama ini. Lahir dari sejarah kita bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut bela negara,” terang Prabowo.

“Jadi mungkin kita bisa dihancurkan prasarana kita, tapi saya yakin, Ibu Ketua (Ketua Komisi I Meutya Hafid), bahwa Indonesia tidak mungkin diduduki bangsa lain, karena seluruh rakyat akan menjadi komponen pertahanan negara,” sambungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *