KUPANGBERITATERKINI.co.id – Ada pemandangan menarik saat penutupan kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu yang dilaksanakan Komando Distrik Militer (Kodim) 1604/Kupang, Nusa Tengara Timur (NTT), Senin, (11/11/2019).

Pasalnya sejumlah tokoh adat dan masyarakat Desa Fatukanutu, Amabi Oefeto, Kupang melakukan Tari Bonet bersama Komandan Kodim 1604/Kupang, Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Kusuma dan sejumlah anggota Kodim lainnya.

Sambil berpegangan tangan, mereka membentuk lingkaran dan mengikuti Fai bersyair dalam bahasa Dawan, bahasa lokal masyarakat NTT.

Setelah beberapa kali mengucap syair, mereka menggerakan kaki ke depan, belakang, kiri, kanan; berputar dalam lingkaran sambil terus bernyanyi.

Rombongan Tari Bonet pun bertambah, beberapa warga dan tamu yang tertarik ikut bergabung tanpa mengubah irama tarian. Tanpa iringan musik, mereka berpegangan tangan, menari, menyanyi selama tiga putaran.

Baca Juga :  GEMASS LACONA MENDESAK PEMERINTAH KOTA PALEMBANG UNTUK TERAPKAN PSBB TAHAP III

“Ini tarian persatuan, untuk mencapai sesuatu, kalau kita bergandengan tangan, akan tercapai tujuan itu,” kata I Made Kusuma dalam acara Penutupan Binter Terpadu Kodim 1604/Kupang Tahun 2019.

Sebelumnya, ia mengatakan dalam sambutannya bahwa selama 21 hari pihaknya bersama warga setempat bersinergi dalam suasana kebersamaan dan keakraban dalam Binter Terpadu.

“Semoga sinergitas ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, dan hal ini merupakan salah satu bukti Kemanunggalan TNI-Rakyat,” tegas dia.

Sementara itu Kades Fatukanutu, Iwan Bekawati menyampaikan terima kasih kepada Dandim 1604/Kupang atas kepedulian, dan perhatiannya untuk turut serta membangun Desa Fatukanutu berupa pembangunan 5 rumah rakyat kurang mampu, Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Saka Wira Kartika, Komunikasi Sosial dengan Generasi Muda, serta Pelayanan Kesehatan dan KB Kes.

Baca Juga :  Polsek Siak Hulu Amankan Pelaku Penggelapan Mobil

“Kami masyarakat Desa Fatukanutu mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Dandim 1604/Kupang yang telah melaksanakan Binter Terpadu. Hal ini sangat memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat,” jelas Kades Fatukanutu.

Tarian Bonet menjadi acara penutup dalam pelaksanaan Binter Terpadu Kodim 1604/Kupang.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here