JAKARTABERITATERKINI.co.id – Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais tidak seperti biasanya. Pasalnya ia sama sekali belum memberikan komentar soal polemik penunjukan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai salah satu bos BUMN.

Padahal ketika Ahok tersandung kasus penistaan agama, Amien Rais sangat vokal bersuara. Bahkan Amien pernah menuding Ahok sebagai antek asing, sentoloyo dan diksi negatif lainnya.

“Bisa jadi suara Amien sudah tidak punya kekuatan daya tendang lagi, sehingga dia perlahan diam dalam dinamika politik yang berkembang,” tutur pengamat politik Maksimus Ramses, Selasa (19/11/2019).

Atau bisa saja Amien Rais sengaja menahan diri dari sejumlah dinamika politik yang terjadi di Tanah Air.

Saat disinggung soal kemungkinan adanya arahan pihak lain kepada Amien untuk diam, Ramses tak sependapat. Mantan Ketua MPR RI era reformasi itu bukan tipikal pribadi yang mudah disetir.

“Pak Amien salah satu tokoh yang merdeka dalam berpikir, tidak bisa dikendalikan orang lain selain dirinya sendri. Bila dia diam soal Ahok, saya kira itu karena sikapnya sendiri bukan karena ada suatu ‘intimidasi’ pihak lain,” demikian Ramses.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here