Berita

Ini Alasan 85 WN China Pilih Indonesia Jadi Pusat Penipuan

JAKARTABERITATERKINI.co.id – Polda Metro Jaya menangkap 85 Warga Negara (WN) China di 7 lokasi berbeda yang diketahui terlibat dalam sindikat aksi penipuan.

Mereka sengaja memilih Indonesia sebagai tempat melakukan penipuan dalam rangka untuk menghindari kecurigaan.

“Kulit (orang) Indonesia dan mereka (WNA China) sama, banyak keturunan China di sini. Makanya mereka enggak terlalu mudah dicurigai oleh warga-warga di sini,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Kemanggisan, Jakarta Barat, Senin (25/11/2019).

Selain itu, jaringan internet di Indonesia juga mudah diakses.

“Indonesia ini jaringannya paling gampang, jaringan internet di sini paling mudah,” ungkap Yusri.

Untuk diketahui, dalam melancarkan aksinya, para tersangka membantu korban yang meminta bantuan untuk mengurus masalah pajak. Oleh karena itu, para tersangka meminta sejumlah uang kepada para korban.

Sebagian besar korban diketahui merupakan warga negara China. Saat ini, polisi masih mendalami motif dan modus penipuan tersebut. Pasalnya, para tersangka akan dimintai keterangan dengan melibatkan penerjemah.

“Saya belum bisa kasih penjelasan itu (motif penipuan) karena ini kan perlu hasil keterangan pemeriksaan dari TKP, keterangan saksi dan tersangka, maupun informasi yang kita dapat dari korban,” ungkap Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Iwan Kurniawan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: