JAKARTABERITATERKINI.co.id – Pengaman politik Rocky Gerung mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo hanya hafal, tetapi tidak mengerti arti Pancasila.

Pasalnya kata Ricky, jika Presiden Jokowi paham makna Pancasila, maka ia tidak akan melanggar sila-sila dalam Pancasila.

Pernyataan ini disampaikannya saat hadir di acara ILC TV One bertajuk “Maju Mundur Izin FPI” yang tayang pada Selasa (03/12/2019) malam.

Mulanya Rocky berbicara soal kekacauan berpikir pemerintah terkait polemik perpanjangan izin Front Pembela Islam (FPI).

“Kalau dia ormas, memang dia musti berbeda dengan pemerintah. Kalau ormas sama dengan pemerintah ya namanya orneg, organisasi negara,” ucapnya

Menurut Rocky, “kita enggak tahu sebetulnya apa dalil pertama bernegara.”

Ia mengklaim jika dirinya tidak Pancasilais, tetapi bukan berarti dirinya menolak Pancasila.

“Negara itu barang abstrak, benda mati pula, yang berideologi itu orang individu dengan keyakinan hidup. Jadi negara yang berideologi itu dua kali ngaco. Saya terangkan ini dalam rangka pikiran, bukan politik,” tuturnya.

Baca Juga :  Peringati Hari Kartini, Bhayangkari dan PT Grab Menandatangani MoU Digitalisasi UMKM se-Indonesia

Bahkan Rocky menegaskan jika sila-sila dalam Pancasila sejatinya saling bertentangan.

“Saya pernah tulis risalah panjang lebar di majalah Prisma, dengan riset akademis yang kuat untuk menerangkan Pancasila itu bukan ideologi dalam pengertian akademis dalam discourse ideology,” kata Rocky.

Misalnya, menurut Rocky, sila pertama “Ketuhanan yang Maha Esa” dengan sila kedua “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” itu saling bertentangan. Begitu juga dengan sila kelima.

“Sila kelima, Keadilan Sosial, versi siapa itu keadilan sosial, liberalisme? libertarisme? libertarianisme? Orang boleh isi sila kelima itu dengan marxisme, boleh aja, diisi dengan islamisme boleh aja, karena enggak ada satu keterangan final tentang isi dari keadilan sosial,” ucapnya.

Sehingga kata dia, pemerintah sebenarnya sudah melanggar Pancasila, karena tidak mampu menciptakan keadilan sosial.

Baca Juga :  Akan Ajukan Kader Gerindra Pengganti Edhy Prabowo

“Pemerintah melanggar lingkungan itu sudah melanggar Pancasila, dengan keadilan sosial, karena merampas hak tanah yang harusnya dibagikan kepada rakyat,” ujar Rocky.

Ia mengatakan, “Saya tidak Pancasila-is, siapa yang berhak menghukum saya atau mengevaluasi saya, harus orang yang sudah Pancasila-is, siapa di Indonesia? Enggak ada”.

“Polisi Pancasila atau Presiden enggak ngerti Pancasila kan? Dia hafal tapi enggak paham. Kalau dia paham, dia enggak berhutang. Kalau dia paham dia enggak naikin BPJS. Kalau dia paham dia enggak melanggar Undang-undang lingkungan,” imbuhnya.

Dalam akhir pernyataannya, Rocky ingin pada akhir tahun ini ada semacam resolusi untuk berhenti bertengkar soal ideologi.

“Karena negara yang ngotot punya ideologi cuman dua, fasisme dan komunisme,” tutupnya.

2 KOMENTAR

  1. Hi there terrific blog! Does running a blog similar to this require a
    great deal of work? I’ve no understanding of computer programming but I had been hoping to start my own blog
    soon. Anyway, if you have any suggestions or tips for new blog owners please share.
    I understand this is off topic nevertheless I
    just needed to ask. Many thanks!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here