5, April 2020
Pariwisata

Pegajahan, Jejak Orang Bali di Serdang Bedagai

Bagi anda yang belum pernah bepergian ke “Pulau Dewata”, ada baiknya mengunjungi Kampung Bali Desa Pegajahan Kec. Pegajahan Kab. Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Untuk mencapai desa itu, anda harus menempuh perjalanan sejauh 12 km dari kota Perbaungan dengan melewati perkampungan penduduk dan perkebunan kelapa sawit dengan kondisi jalan beraspal hotmix yang sangat baik dan mulus. Disana anda bisa menikmati suasana kehidupan masyarakat Bali layaknya di kampung asal mereka.

Leluhur mereka yang bermukim di desa itu adalah para buruh kontrak yang didatangkan langsung dari pulau Bali oleh perusahaan perkebunan PTPN IV Adolina sekitar tahun 1962. Saat itu, ada sekitar 55 KK atau sebanyak 200 jiwa. Mereka hidup berdampingan dengan sejumlah buruh perkebunan lainnya yang berasal dari beragam etnis, seperti Jawa, Kalimantan, Simalungun, Tapanuli dan Melayu.

Baca Juga :  Indonesia Jadi Premium Partner Dalam OTM Mumbai Promosikan Pariwisata Di India

Meski jauh dari kampung halaman, komunitas ini tetap mempertahankan adat istiadat dan keyakinan mereka. Sekitar tahun 1989 didirikan sebuah pura yang siberi nama PURA PANATARAN DHARMARAKSAKA untuk tempat ibadah umat Hindu Bali di kampung itu.

Pura ini dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas keagamaan maupun ritual-ritual tertentu. Umat Hindu yang datang ke pura ini bukan hanya umat Hindu Bali setempat saja, tetapi dari berbagai daerah di Sumatera Utara dan sekitarnya.

Pemkab Serdang Bedagai menjadikan pura ini sebagai salah satu destinasi wisata budaya, sejalan dengan kebijakan Bupati Ir. H. Soekirman yang ingin menjadikan Serdang Bedagai sebagai kabupaten PATAYA (Pangan, Pariwisata, dan Budaya).

Selain bisa menikmati wisata di Kampung Bali ini, anda juga bisa menikmati destinasi wisata lainnya. Tidak jauh dari Kampung Bali Pegajahan, terdapat Taman Margasatwa Rahmad Zoo yang berlokasi di Desa Bengabing kecamatan yang sama.

Baca Juga :  Dongkrak Pariwisata, Pemprov Sumut Galakkan Sport Tourism

Disana terdapat berbagai jenis hewan dan tanaman. Cocok dijadikan wisata edukasi dan wisata keluarga. Anda bisa mengenalkan jenis-jenis hewan dan tanaman kepada putra-putri dan keluarga anda.

Selain itu, dekat pula dengan “Desa Wisata Tani” Desa Melati II Kecamatan Perbaungan. Di desa yang telah ditunjuk Kementerian Desa Republik Indonesia (Kemendes RI) sebagai salah satu desa wisata tani percontohan tingkat nasional itu, anda bisa menikmati keindahan Panteng Kleset, Plungguhan Toh Joyo, pemerahan susu kambing ottawa dan hamparan padi milik penduduk yang sangat eksotik. Di desa ini juga ada homestay bagi anda yang ingin menginap.

Ayo…ke Serdang Bedagai…!!!

*****

One thought on “Pegajahan, Jejak Orang Bali di Serdang Bedagai

  1. Hi,

    We’re wondering if you’ve ever considered taking the content from beritaterkini.co.id and converting it into videos to promote on Youtube using Content Samurai?

    It’s another ‘rod in the pond’ in terms of traffic generation, as so many people use Youtube.

    You can read a bit more about the software here: https://turntextintovideo.com

    Kind Regards,
    Sandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *