JAKARTABERITATERKINI.co.id – Menteri BUMN Erick Thohir kaget karena banyak BUMN yang memiliki anak perusahaan bahkan sampai cucu dan cicitnya. Salah satunya adalah PT Pertamina (Persero) tbk.

Bahkan kata Erick, Pertamina sampai memiliki 142 anak usaha.

“Ternyata di Pertamina itu ada 142 perusahaan. Nah, ini yang saya minta juga untuk komisaris utama dan direksi utama di rapat Januari. Saya minta mapping 142 perusahaan ini usahanya apa? Terus bagaimana kesehatan perusahaannya?” kata dia di Gedung Ditjen Pajak RI, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Erick mengaku sudah memerintahkan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Komisaris Utama Pertamina Basuki Thahaja Purnama alias Ahok untuk menelusuri 142 anak usaha, agar tidak mengganggu Pertamina.

“Tapi khsuus Pertamina ya makanya saya ingin dapat laporan di bulan Januari bagaimana persiapan untuk Labuan Bajo? Nah ini hal-hal yang di rapat bulanan sudah dirapatkan, apalagi saya kan sudah keluarkan keputusan menteri bahwa pembentukan anak perusahaan dan cucu perusahaan itu harus ada review dari kita alasannya apa,” jelas dia.

Terakhir dan yang utama, kata Erick, dia meminta Pertamina terus berusaha menekan impor migas. Menurut dia, progres sudah cukup bagus, apalagi mau launching rencana Biodiesel 30 persen dan proyek kilang Pertamina terus jalan.

Selain itu, Pertamina juga sudah mulai membeli minyak mentah dari Amerika Serikat sejak tahun ini. Erick mengklaim pembelian tersebut lebih murah USD 5-6 atau hemat hampir Rp 280 miliar.

“Bisa saja kalau kita pembelian minyak dari AS ini kita besarkan, bukan berarti semua ya, itu bisa hemat Rp 1 triliun,” jelasnya.

9 KOMENTAR

  1. … [Trackback]

    […] Find More Info here on that Topic: beritaterkini.co.id/2019/12/13/erick-thohir-tugaskan-ahok-bongkar-142-anak-usaha-pertamina/ […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here