JAKARTA – BERITATERKINI.co.id – Badan Penerbangan dan Antariksa Ameriksa Serikat (NASA) merilis sebuah foto yang memperlihatkan sebuah badai besar di kutub selatan Planet Jupiter melalui pesawat Juno.

Juno telah mengorbit di Jupiter sejak 2006 dan sudah pernah merekam badai sejenis sebelumnya, tapi kali ini ada perbedaan.

Juno juga pernah merekam enam badan mengerikan yang terjadi di Planet Jupiter melalui bentuk pentagon.

“Tampaknya badai kutub tersebut merupakan bagian dari klub privat yang menolak datangnya anggota baru,” kata Scott Bolton, peneliti utama Juno yang dikutip Beritaterkini.,co.id dari Yahoo News.

Baca Juga :  Gugat Anies Baswedan, OC Kaligis Minta Bambang Widjojanto Dicopot dari TGUPP

Para ilmuwan terkejut karena badan yang terjadi besarnya bisa mencapai wilayah Texas. Sedang pusat badai yang masif, besarnya diperkirakan seperti besarnya wilayah Amerika Serikat.

“Siklon tersebut adalah fenomena cuaca baru yang belum pernah terlihat atau diprediksi sebelumnya,” kata Cheng Li, ilmuwan Juno yang lain.

“Kami mulai memahaminya melalui observasi dan simulasi komputer. Misi Juno berikutnya akan membantu menambah pemahaman kami dengan mengungkap bagaimana siklon itu berkembang seiring waktu,” tambahnya.

Dengan tambahan badai itu, maka formasinya menjadi hexagon. Angin yang bergerak di badai diperkirakan tembus 362 kilometer per jam, lebih cepat dibanding siklon manapun yang tercatat di Bumi.

Baca Juga :  Gubernur Arinal Terima Alat Pelindung Diri dari Pemerintah Pusat, Besok Dibagikan ke Seluruh Tim Medis Penanganan Virus Corona di Lampung

Misi kali ini hampir saja mematikan bagi Juno. Jalur yang dilaluinya sempat membuat Juno hampir terjebak dalam bayangan Jupiter selama 12 jam. Hal tersebut berpotensi fatal lantaran Juno sumber dayanya bergantung pada sinar Matahari. Untungnya, ilmuwan NASA sukses melakukan manuver sehingga lolos dari bayangan Jupiter.

4 KOMENTAR

  1. Simply desire to say your adticle is as amazing.
    The clarity in your post is just excellent and i could think you’re a professional in thiks subject.
    Well together with your permission let me to grab yoir feed to kerp
    updated with forrthcoming post. Thanks 1,000,000 and please continue the rewarding work.

    homepage

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here