MEDAN – BERITATERKINI.co.id – Rest Area Toll Medan – Tebingtinggi yang berada di KM 65+700 Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Senin (16/12/2019), telah diresmikan.

Ini merupakan rest area pertama yang ada di Sumut. Diharapkan rest area ini dapat membantu para pengemudi untuk dapat beristirahat dan juga berbagai keperluan lainnya.

“Ada peningkatan volume kendaraan melalui jalur tol ini, kita harapkan dengan adanya rest area akan membantu pengguna jalan dapat beristirahat,” kata Direktur Utama Jasa Marga Kuala Namu Toll, Teddy Rosadie, usai menggunting pita sebagai pertanda beroperasinya Rest Area di lahan 8 hektar itu.

Dijelaskan Teddy, di Rest Area tersebut telah disediakan berbagai fasilitas umum yang dapat digunakan oleh para pengguna jalan. Mulai dari tempat ibadah, toilet, stasiun pengisian bahan bakar dan top up kartu tol.

Baca Juga :  Komandan Kodiklatal Terima Kunjungan Kerja Kadisinfolahtal

“Untuk toilet kita sediakan 32 unit yang terbagi 16 unit toilet perempuan dan 16 unit toilet pria. Saat ini masih fungsional, ini nanti akan kita percepat. Pengguna jalan dapat beristirahat dan terpenting ada top up kartu tol sehingga saat transaksi di pintu tol, semakin mudah,” ujarnya.

Rest Area Pertama di Sumatera Utara

Dikatakan Direktur Utama Jasa Marga Kuala Namu Toll, Teddy Rosadie, hingga saat ini volume kendaraan yang melintas di jalur tol Medan – Tebingtinggi berada di kisaran 30 ribu kendaraan.

Diprediksi menjelang mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 akan ada peningkatan. Oleh sebab itu, lanjutnya, Rest Area ini menjadi kebutuhan bagi pengguna jalan saat mudik.

“Rest area ini merupakan yang pertama kali ada di Sumut. Ini sudah 70 persen selesai, sisanya akan diisi oleh mitra tenant-tenant berupa restoran, bengkel, dan lain sebagainya,” kata Teddy.

Baca Juga :  Pandemi COVID-19, Kepala Lapas Way Kanan Terima Bantuan Cairan Disinfektan Dari PMI Way Kanan

Teddy menambahkan, untuk mengantisipasi pengguna rest area tidak terlalu lama, pihaknya menyiagakan sekuriti untuk membantu agar pengguna jalan bisa bergantian beristirahat di tempat ini. Mengingat, kata dia, jalan tol ini panjangnya mencapai 80 kilometer dari Belawan.

Sementara itu, untuk memastikan keamanan bagi pengendara yang beristirahat di Rest Area, Kapolres Serdang Bedagai, Ajun Komisaris Besar Polisi J Pasaribu mengatakan akan bekerjasama dengan pihak Jasa Marga.

Menurutnya, di beberapa provinsi, aspek keamanan di Rest Area menjadi persoalan. Untuk itu maka perlu dilakukan antisipasi.

“Apakah perlu ada pos polisi di sini, makka perlu lebih jauh pendalaman dengan jasa marga atau sangat senang kalau ada kerjasama. sehingga keamanan di rest area ini tetap kondusif dan terjamin,” katanya.

(AM)

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here