JAKARTA – BERITATERKINI.co.id – Polri membantah tudingan Indonesia Police Wacth (IPW) bahwa Presiden Joko Widodo mau menonjolkan ‘geng sSolo’ di Korp Bhayangkara.

Polri menegaskan bahwa ukuran paling penting dalam menempatkan anggota dalam posisi tertentu adalah rekam jejak dan kemampuan selama berdinas di Polri

“Tidak ada parameter geng-gengan. Yang terpenting itu track record, rekam jejak,” tegas Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal, Senin (23/12/2019).

Ia menjelaskan bahwa mekanisme pergantian dan promosi jabatan di Polri mesti melalui mekanisme rapat Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). Dalam rapat ini dibahas rekam jejak para perwira tinggi yang menjadi parameter para anggota Wanjakti mengambil keputusan.

Baca Juga :  Jaksa Agung Sebut Kasus Semanggi I dan II Bukan Pelanggaran HAM Berat, Yasonna Buka Suara

“Semua mutasi di jajaran Polri ada mekanismenya, track record, rekam jejak menjadi parameter, itu dilalui semua dengan proses Wanjakti,” jelas Iqbal.

IPW sebelumnya merilis analisanya tentang penunjukan Irjen Nana sebagai Kapolda Metro Jaya, menggantikan Irjen Gatot Eddy Pramono yang dipromosikan sebagai Wakapolri. IPW mengatakan prestasi Nana semasa di kepolisian relatif biasa dan tidak menonjol, namun Nana merupakan mantan Kapolresta Solo semasa Jokowi menjabat sebagai wali kota di sana.

Kesimpulan ini diambil IPW karena Nana diangkat karena kedekatannya dengan Presiden Jokowi. Selain Nana, IPW menyebut nama Wakapolda Jateng Brigjen Ahmad Lutfi dan Kabareskrim Polri Irjen Listyo Sigit Prabowo yang juga mantan Kapolresta Solo.

Baca Juga :  Tinjau Renovasi Istiqlal, Presiden Setujui Usulan Terowongan Penghubung Silaturahmi Istiqlal-Katedral

“Saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo, Nana saat itu menjadi Kapolresta Solo. Prestasi Nana relatif biasa dan tidak ada yang menonjol. Tampilnya Nana sebagai Kapolda Metro menunjukkan Jokowi semakin hendak menonjolkan ‘geng Solo’ di Polri,” ujar Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangannya, Senin (23/12/2019).

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here