MEDAN – BERITATERKINI.co.id

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Ir. H. Soekirman masuk 10 besar Bupati/Walikota yang akan menerima Anugerah Kebudayaan Tahun 2020 dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Hal itu dipastikan melalui keputusan rapat Dewan Juri yang terdiri dari Ketua merangkap Anggota Nungki Kusumastuti (penari, artis film, dosen Institut Kesenian Jakarta) dan para Anggota yang terdiri dari Ninok Laksono (Kompas/Rektor Universitas Multimedia Nusantara), Agus Dermawan T (pengamat seni budaya, penulis buku), Atal S. Depari (Ketua Umum PWI Pusat), dan Yusuf Susilo Hartono (pelukis, wartawan senior) yang digelar Jumat (27/12/2019) kemarin di Kantor PWI Pusat di Gedung Dewan Pers Lt. 4 Jalan Kebon Sirih No. 34 Jakarta Pusat.

Sebagaimana dilansir dari salah satu situs media, Anggota Dewan Juri Yusuf Susilo Hartono menyebut, bahwa Anugerah Kebudayaan diberikan kepada sejumlah Bupati/Walikota di Indonesia dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 kerjasama PWI Pusat dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Baca Juga :  Bupati Sergai Berikan Bantuan Kebutuhan Pokok ke Panti Jompo

Yusuf mengungkapkan, penilaian dititikberatkan pada aspek bentuk isi proposal yang diajukan, yang meliputi tata visual dan bahasa. Juga teknik penyajian yang terdiri dari pilihan judul/program, profil daerah, profil Bupati/Walikota, pemanfaatan media massa/sosial, landasan peraturah daerah, kebijakan program dan strategi inovasi, serta aspek pendukung berupa SDM, anggaran hingga infrastruktur.

Pria yang juga pengurus PWI Pusat itu menambahkan, bahwa pihaknya menetapkan tiga kategori Bupati/Walikota calon penerima Anugerah Kebudayaan, yakni daerah/kota yang ada di dalam/dekat wilayah ibukota negara RI, daerah/kota yang berada/dekat dengan ibukota provinsi, dan daerah/kota yang jauh dari ibukota provinsi.

Para Bupati/Walikota yang ditetapkan masuk 10 besar oleh Dewan Juri adalah Airin Rachmi Diany (Walikota Tangerang Selatan, Banten), Ibnu Sina (Walikota Banjarmasin, Kalimantan Selatan), Richard Louhenapessy (Walikota Ambon, Maluku), Umar Ahmad (Bupati Tubaba, Lampung), Danny Missy (Bupati Halmahera Barat, Maluku Utara), Soekirman (Bupati Serdang Bedagai, Sumatera Utara), Hj. Indah Putri Diani (Bupati Luwu Utara, Sulawesi Selatan), Hj. Badingah (Bupati Gunung Kidul, Yogyakarta), Anang Syakhfiani (Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan), dan AS. Tamrin (Walikota Bau Bau, Sulawesi Tenggara).

Baca Juga :  Gugatan Class Action Korban Banjir Diterima, Gubernur DKI Anis Baswedan Dituntut Bayar Ganti Rugi 1 Triliun

Mereka akan diundang ke Jakarta pada tanggal 8-9 Januari 2020 untuk presentasi dan tanya jawab pendalaman proposal oleh Dewan Juri sebagai tahapan akhir sebelum menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan yang akan diserahkan pada acara puncak HPN tahun 2020 di Banjarmasin bulan Februari 2020 yang akan datang.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang dihubungi beritaterkini.co.id, Sabtu (28/12/2019) mengatakan, bahwa anugerah ini merupakan akumulasi sikap, keberpihakan dan prinsip penghargaan kepada budaya yang dipraktikkan selama bertahun-tahun di Sergai.

“Ini saya dedikasikan kepada seluruh masyarakat Sergai sebagai hadiah tahun baru. Terimakasih kepada PWI yang telah mengajukan Sergai pada pentas nasional,” ujar Soekirman.

“Budaya adalah tanah yang tempat tumbuhnya semua unsur. Kalau budaya baik maka ekonomi, sosial, politik yang tumbuh diatasnya mudah-mudahan juga baik,” timpalnya mengakhiri.

(Abdul Firman)

3 KOMENTAR

  1. … [Trackback]

    […] Read More to that Topic: beritaterkini.co.id/2019/12/28/pwi-pusat-akan-berikan-anugerah-kebudayaan-kepada-bupati-walikota-ini-daftar-penerimanya/ […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here