JAKARTA – BERITATERKINI.co.id – Ketua Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Petrus Selestinus mengatakan bahwa kegagalan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam mencegah banjir di Ibu Kota mengakibatkan krisis kepercayaan publik terhadap eks Mendikbud tersebut dalam memimpin Jakarta.

Bahkan kata Petrus, Anies bisa saja dimakzulkan oleh DPRD DKI Jakarta yang dapat dilakukan melalui hak angket.

“Bahkan akan berakhir dengan gerakan pemakzulan Anies Baswedan dari kursi gubernur DKI Jakarta melalui pernyataan pendapat atau hak angket DPRD DKI Jakarta,” kata Petrus belum lama ini.

Menurut dia, selama 2 tahun memimpin Jakarta, Anies tidak bisa memberikan kontribusi signifikan dalam mengatasi masalah banjir Jakarta.

Baca Juga :  Satpol PP Bersama ASITA Tegakan Perda Berantas Guide Liar

Petrus mengungkapkan, Anies tercatat pernah memangkas anggaran penanggulangan banjir sebesar Rp 242 miliar dan anggaran pengendalian banjir sebesar Rp 500 miliar. Padahal, sekarang terbukti bahwa banjir adalah salah satu masalah terbesar Jakarta yang belum teratasi.

“Ketidakbecusan Anies Baswedan dalam mengelola Pemerintahan DKI Jakarta tidak bisa ditutupi lagi,” ujar Petrus.

Kemudian, anggaran untuk pembebasan lahan waduk dan kali dari awalnya Rp 850 miliar hanya dialokasikan sebesar Rp 350 miliar. Padahal, kebijakan pemangkasan anggaran ini merupakan perbuatan melanggar hukum yang merugikan negara dan warga DKI Jakarta.

Baca Juga :  Peduli COVID-19 di Bulan Ramadhan, Himakta Unila Turun Jalan Berbagi Takzil, Nasi Kotak dan Masker

“Karena seluruh aktivitas ekonomi, sosial dan politik negara dan warga masyarakat di ibu kota tergangu, kerusakan jalan dan fasilitas umum lainnya secara masif jelas melahirkan stagnasi sehingga melahirkan beban biaya baru yang harus ditanggung negara akibat Anies Baswedan salah urus Jakarta,” ungkap dia.

“Atas alasan-alasan konstitusionalitas kewenangan DPRD dan hak publik, maka sudah saatnya dan cukup beralasan sekarang ini jika Gubernur Anies Baswedan diproses pemberhentiannya melalui penggunaan hak angket DPRD DKI menuju kepada proses pemakzulan,” tandasnya.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here