Daerah

Penyuap Bupati Saiful Ilah Dikenal Spesialis Proyek Besar di Sidoarjo

SIDOARJO – BERITATERKINI.co.id – Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah membuka tabir gelap soal proses tender terhadap sejumlah proyek di Kota Delta tersebut.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sidoarjo Bangun Winarso menjelaskan, dalam rapat pembahasan APBD tahun lalu, misalnya, banggar mempertanyakan proses tender. Sebab, lelang dinilai tidak transparan dan mengarah ke sejumlah penyedia.

”Seperti sudah diatur,” kata dia kemarin (09/01/2020) dikutip dari Jawa Pos.

Bahkan kata dia, kualitas pekerjaan proyek juga sangat rendah. Ia mencontohkan, proyek jalan misalnya. Baru satu dikerjakan sudah rusak kembali.

Namun, kritik dewan dimentahkan. Pemkab menilai tender berjalan sesuai prosedur. Alasannya, pengadaan barang dan jasa memakai sistem online.

”Disangkal pemkab. Sampai saat ini belum ada perbaikan,” ungkap dia.

Meski memakai sistem online, lelang di Kota Delta tetap saja bermasalah. Ada celah yang bisa ditembus. Terbukti dengan kasus Ibnu Ghofur yang saat ini ditangani KPK.

Berdasar keterangan yang disampaikan KPK, Ghofur adalah kontraktor yang mengikuti pengadaan di Pemkab Sidoarjo. Sekitar Juli 2019, dia melapor ke bupati bahwa ada proyek yang dia inginkan. Namun, ada proses sanggahan dalam pengadaannya. Itu menjadi penghambat baginya sehingga tidak mendapatkan proyek.

Ghofur lalu meminta Saiful untuk tidak menanggapi sanggahan dan memenangkan pihaknya dalam proyek Jalan Candi–Prasung senilai Rp 21,5 miliar. Kemudian, Ghofur juga menggarap tiga proyek lain. Yakni, pembangunan wisma atlet, Pasar Porong, dan peningkatan afvoer Kali Pucang di Pagerwojo.

Ghofur diketahui memiliki perusahaan beton, yaitu PT Rudy Jaya, dengan lokasi pabrik di Kecamatan Tarik. Ghofur merupakan spesialis proyek-proyek besar di Sidoarjo. Dia selalu ”meminta” tender yang nilainya di atas Rp 5 miliar.

Sejak menjadi kontraktor, Ghofur dikenal dekat dengan pemkab. Dia berani memberikan fee pembangunan dengan tujuan selalu diberi proyek besar.

”Sehingga pembangunan besar selalu diserahkan ke Ghofur,” kata sumber tersebut.

Sementara itu, KPK membuka kemungkinan untuk mengembangkan pengusutan perkara suap yang melibatkan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Pendalaman dilakukan untuk mengungkap kemungkinan adanya praktik serupa dengan nilai yang lebih besar pada proyek-proyek sebelumnya.

”Ini pasti kita akan tanyakan ke penyidik, apakah kemudian dikembangkan (ke periode kepemimpinan lama, Red),” kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar kemarin.

Pendalaman juga dilakukan terkait adanya perbedaan nilai proyek dengan data di lapangan. Nilai proyek yang tercatat di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemkab Sidoarjo lebih besar daripada yang diungkap KPK. ”Nanti di pendalaman penyidikan. Ini masih panjang,” kata Lili.

Saat ini Saiful Ilah bersama lima tersangka telah menjadi tahanan KPK. Saiful dan tersangka dari lingkungan pemkab, yakni Sunarti Setyaningsih (kepala dinas pekerjaan umum, bina marga, dan sumber daya air/DPUBMSDA), Judi Tetrahastoto (pejabat pembuat komitmen dinas PUBMSDA), serta Sanadjihitu Sangadji (kepala bagian unit layanan pengadaan), ditahan di Rutan KPK. Sementara itu, tersangka Ibnu Ghofur dan Totok Sumedi ditahan di Rutan Guntur.

Related Articles

5 Comments

  1. Hmm it appears like your blog ate my first comment (it was super long) so I guess I’ll just sum it up what I had written and say, I’m
    thoroughly enjoying your blog. I as well am an aspiring blog blogger
    but I’m still new to everything. Do you have any recommendations for first-time blog writers?
    I’d genuinely appreciate it.

  2. Hey! This is kind of off topic but I need some advice from an established blog.
    Is it very difficult to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out
    pretty quick. I’m thinking about creating my own but
    I’m not sure where to start. Do you have any tips or
    suggestions? Appreciate it

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: