28, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

KPK Diminta Periksa Sekjen PDIP Soal Kasus Suap Komisioner KPU, Ini Kata Firli

1 min read

JAKARTABERITATERKINI.co.id – Ketua KPK, Firli Bahuri berjanji akan bersikap profesional dalam melakukan penyelidikan dan penyidikan kasus suap PAW anggota DPR dari PDIP yang menjerat Komisioner KPU, Wahyu Setiawan.

“Kita (KPK) bekerja dengan asas legalitas formal sesuai undang-undang. Dan kita melakukan penyidikan secara profesional, sesuai dengan ketentuan penyidikan itu sendiri,” ujar Firli, Minggu, (12/01/2020).

Baca Juga :  ZAMAN NORMAL BARU BAGI KAUM MUSLIMIN, KEMBALI KE AL QURAN DAN SUNAH, BERBEKAL IMAN, HIJRAH DAN JIHAD FI SABILILLAH

Menurut Firli, penyidik juga akan memanggil Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto juga memang dibutuhkan keterangannya.

Firli menegaskan KPK tak menggunakan desakan sebagai dasar penyidikan. Termasuk kata dia dalam hal pemeriksaan terhadap orang-orang yang diduga terlibat dalam satu dugaan korupsi.

“KPK tidak bekerja melakukan penyidikan, ataupun pemeriksaan karena adanya permintaan. Prinsipnya, KPK bekerja melakukan penyidikan, atas dasar asas-asas hukum,” terang dia.

Baca Juga :  Pengamat Emrus Sihombing ; Penggerebekan Terhadap PSK Di Sumbar Berbau Politik

Dia menegaskan jika pemeriksaan terhadap seseorang yang berkaitan dengan penyelidikan dan penyidikan sudah ada aturan bakunya.

Selanjutnya, kata dia, proses tersebut diperlukan penyidik sebagai kanal mencari pembuktian, termasuk dalam mencari alat-alat bukti, ataupun menetapkan tersangka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *