31, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Bupati Sergai: Mahasiswa Harus Tumbuhkan Semangat Pluralisme, Toleransi dan Trust

2 min read

SIMALUNGUN – BERITATERKINI.co.id – Mahasiswa diminta untuk tetap membudayakan semangat pluralisme dan toleransi untuk merawat kader bangsa dan menuju bonus demografi tahun 2045.

Demikian disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman kepada 150 lebih mahasiswa Angkatan 2019 pada kegiatan ILC (Imasep Leadership Camp) USU di Puslit Kehutanan Aek Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sabtu (18/1/2020).

Dikatakannya, bahwa era dimana disrupsi sedang terjadi saat ini, harus disadari pula adanya Proxy War yang mengancam ketahanan nasional bangsa kita. Disparitas sosial, korupsi, terorisme dan narkoba adalah ancaman nyata bagi geo politik dan ekonomi serta keutuhan bangsa.

Baca Juga :  Viral Video Pernyataan Pemekaran Kabupaten Way Kanan Ilir, Cahya Lana Angkat Bicara

Sebagai generasi milenial yang menjadi tumpuan bonus demografi, lanjut Soekirman, mahasiswa jangan sampai berubah jadi malapetaka democrazy disebabkan tidak adanya kesadaran berbangsa.

Pesan-pesan patriotisme disampaikan Soekirman dikunci dengan statemen agar mahasiswa membangun trust diantara generasi muda.

“Hanya lewat trust, toleransi diperbesar dan pluralitas elemen bangsa terpelihara sehingga social capital bertumbuh seiring dengan restorasi budaya bangsa,” ujar Soekirman.

Pesan moral pendiri Yayasan BITRA Indonesia itu mendapat applaus luar biasa dari para mahasiswa USU prodi Agribisnis yang tergabung dalam ILC Imasep.

Baca Juga :  Terkait Wacana Napi Koruptor Dibebaskan Karena Wabah Covid-19, Ini Pendapat Pengacara Senior di Medan

Turut memberi materi Ketua Prodi Agribisnis DR. Satia Negara Lubis, Ir. Yusak Mariyunanta, MS, Ir. Sinar dan para senioren Imasep.

Selain pembekalan dengan wawasan tentang kenegaraan, acara di isi dengan pemahaman keterampilan budidaya lebah madu, malam seni dan keakraban dan penyalaan api unggun. Acara ILC akan berakhir sampai Minggu, (19/1/2020)

(AM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *