Nasional

BIN Sudah Sejak Lama Pantau Kemunculan Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire

JAKARTABERITATERKINI.co.id – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan mengatakan bahwa pihaknya sudah lama memantau keberadaan Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah.

Namun kata dia, soal potensi adanya tindak pidana bukan kewenangan BIN.

“Itu kami sudah lama mendeteksinya, tetapi baru muncul (ramai),” ujar dia kepada wartawan selepas acara pelantikan PB e-Sports di Hotel Kempinski, Jakarta.

Demikian juga soal kemunculan Sunda Empira, Budi menegaskan BIN sudah sejak lama juga melakukan kegiatan pemantauan. Sedangkan penanganan tindak pidana merupakan tanggung jawab aparat kepolisian.

“Yang penting ada memang keraton-keraton yang tergabung dalam kerajaan nusantara. Lain hal kalau ada unsur pidananya di dalamnya. Di antaranya sekarang yang dikembangkan masalah penipuan dan lain-lain, itu yang ditelusuri,” kata dia.

Sebelumnya, keberadaan Keraton Agung Sejagat di Purwokerto, Jawa Tengah, telah membuat geger publik hingga berujung pada penetapan tersangka Totok Santosa dan Fanni Aminadia. Penangkapan tersebut didasari atas alasan bahwa mereka terbukti melakukan tindakan pidana berupa penipuan. Sejumlah barang bukti disita, termasuk dokumen yang diduga dipalsukan pelaku.

Polisi pun masih menelusuri dan menyelidiki keberadaan Sunda Empire di Bandung, Jawa Barat. Namun, keberadaan Sunda Empire itu dinilai sama seperti Keraton Agung Sejagat karena mereka menggunakan kostum serupa seragam militer lengkap dengan atribut yang tidak jelas asal-usulnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: