Berita

Rycko Menoza Komitmen Majukan Usaha Kecil Masyarakat Bandar Lampung

Lampung, BERITATERKINI.CO.ID | Bakal walikota Bandar Lampung, Rycko Menoza SZP mengatakan salah satu programnya  adalah penataan keberadaan toko-toko waralaba untuk mempertahankan keberadaan-usaha usaha kecil masyarakat Kota Bandar Lampung.

“Bukan membatasi, tetapi menata keberadaan toko waralaba. Ini perlu dilakukan agar tidak mematikan usaha kecil masyarakat,” kata Rycko Menoza, di Bandar Lampung, Rabu (29/01/2020).

Foto ; Rycko Menoza saat mengunjungi dan berdialog dengan warga di Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung. 29/1/2020. Rec.dok/

Penataan ini, kata dia,  dapat dilakukan dengan mengkaji keberadaan atau lokasinya sebelum pemerintah menerbitkan izin pendirian toko-toko modern yang semakin menjamur ini.

Menurut Rycko, pemerintah harus hadir untuk membela masyarakat kecil agar tetap mampu bertahan di tengah persaingan dunia usaha yang semakin ketat seiring dengan banyaknya pasar-pasar modern.

Pasar-pasar tradisional ini, kata Rycko, tetap diperhatikan sebagai ciri masyarakat dan bagaimana cara berdagang agar tidak meninggalkan keaslian (genuine) kita. Toko waralaba cenderung lebih mahal dibanding warung-warung masyarakat.

Tidak hanya itu, kata Rycko, pasar-pasar tradisional akan dibina dan  dikembangkan kembali sebagai salah satu upaya mempertahan kearifan lokal di kota ini.

“Pasar-pasar tradisional, perlu ditata agar lebih rapih,  nyaman dengan sirkulasi udara yang baik, tempat parkir nyaman dan bebas kemacetan,” kata Rycko

Ia mencontohkan, misalnya di bagian dalam kios-kios dipasang pendingin udara agar tidak panas dan pengap sehingga pedagang dan pembeli nyaman berada di pasar tradisional  tersebut.

“Jika memiliki pasar tradisional yang bersih, aman dan nyaman tentunya pengunjung pasar akan semakin ramai, yang berdampak pada peningkatan pendapatan mereka,” tambah putra mantan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP ini.

Sementara itu, Rycko Menoza menyampaikan program ini saat bertemu dan berdialog, menyerap aspirasi puluhan ibu-ibu di Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung.

Para ibu-ibu tersebut menyampaikan aspirasinya karena sebagai pelaku usaha kecil dan para perajin batik Lampung itu mengaku kurang diperhatikam oleh pemerintah.

Mereka menyampaikan sulitnya mendapatkan akses permodalan dan upaya promosi untuk meningkatkan penjualan produk kerajinan mereka.(BRT)

Editor ; Dik Eno

Related Articles

44 Comments

  1. iGaming 분야에서 선도적이고 혁신적인 콘텐츠를 제공하는 최신 프라그마틱 게임은 엔터테인먼트의 높은 품질을 보장합니다.

    프라그마틱은 항상 훌륭한 게임을 만들어냅니다. 이번에 새롭게 출시된 게임은 정말 기대되는데요!

    https://www.vamiveta.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: