Connect with us

Berita

Indonesia Jadi Premium Partner Dalam OTM Mumbai Promosikan Pariwisata Di India

Published

on

Jakarta, BERITATERKINI.CO.ID | Indonesia menjadi premium partner atau mitra prioritas dalam ajang pameran pariwisata Outbound Travel Mart (OTM) 2020 di Kota Mumbai sebagai salah satu upaya promosi pariwisata kepada publik di India, Jum’at (7/2).

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional II, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) R. Sigit Witjaksono di Jakarta, Kamis (6/2/2020) mengatakan bahwa kegiatan OTM akan dimanfaatkan untuk menginformasikan kepada industri pariwisata dan publik India mengenai kepariwisataan Indonesia.

“Publik India perlu tahu bahwa Indonesia tidak hanya terbatas di Bali. Ada banyak destinasi wisata yang tidak kalah menarik tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini tentunya adalah kabar baik tidak hanya bagi turis India tapi juga pelaku bisnis pariwisata karena semakin banyak kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka,” katanya.

OTM merupakan pameran pariwisata yang digelar di salah satu exhibition centre terbesar di Kota Mumbai, yakni di Bombay Exhibition Centre, pada 3 – 5 Februari 2020, promosi tersebut menyasar langsung pelaku pariwisata dan khalayak luas India.

Melalui ajang itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupaya terus aktif menggarap pasar India.

“Indonesia kembali mempromosikan ragam destinasi wisatanya, terutama 5 destinasi prioritas di India, dengan berpartisipasi pada acara ini,” katanya.

Pameran pariwisata OTM merupakan pameran pariwsata yang bersifat “business to business” dan ”business to consumer”, dimana dua hari pertama berfokus pada transaksi bisnis antara seller dan buyer.

Acara itu pada hari terakhir didatangi khalayak ramai (consumer) yang berpartisipasi langsung di paviliun-paviliun pada pameran tersebut untuk mencari penawaran-penawaran menarik ke berbagai destinasi di seluruh dunia.

Dalam partisipasinya kali ini, Wonderful Indonesia tidak hanya berusaha meningkatkan target selling melalui penjualan paket wisata tetapi juga berusaha menampilkan budaya dan keramahan khas Indonesia melalui pertunjukan tari tradisional, penyajian camilan khas, dan kopi asli Indonesia oleh barista yang siap menyuguhkan citra Indonesia sebagai destinasi favorit.

Baca Juga :  Peringati Hari Batik Nasional, Cabang BS Jalasenastri AAL Gelar Pelatihan Membatik

”Ada yang spesial dalam pameran kali ini, dimana Wonderful Indonesia mendapatkan kehormatan bertindak sebagai premium partner,” katanya.

Sebagai premium partner, Wonderful Indonesia memperoleh kesempatan mendapat ”maximum exposure” dengan ditampilkannya logo Wonderful Indonesia di setiap sudut ruang pameran serta mendapatkan lahan terbesar pada pameran sebesar 300m2.

Lokasi venue Indonesia kali ini pun sangat strategis yaitu di paviliun Nomor B200 tepat di depan meja registrasi pameran. Selain itu Paviliun Indonesia mendapatkan prioritas untuk dikunjungi oleh rombongan agen-agen pariwisata dari beberapa kota di India.

Kesempatan ini dimanfaatkan pula dengan semakin banyak mengikutsertakan industri pariwisata agar dapat berpartisipasi. Wonderful Indonesia juga diberikan kesempatan memberikan “opening speech” pada inaugural event bertempat di Presentation Lounge pada hari pembukaan pameran, 3 Februari 2019 pukul 12.00 waktu setempat. Adapun opening speech diberikan oleh Agus Saptono, Konjen RI untuk Mumbai.

Agresivitas Indonesia dalam berpromosi ke India ini tidak terlepas dari performa baik kunjungan wisman India ke Indonesia akhir-akhir ini.

Berdasarkan data terakhir, jumlah kunjungan wisman India ke Indonesia pada periode Januari-November 2019 tercatat sebesar 595.289 atau naik 11,19 persen dari periode yang sama pada tahun 2018 sebesar 536.267.

Hal ini pulalah yang menarik banyak pelaku pariwisata Indonesia untuk semakin aktif melakukan promosi pariwisata ke India. Tercatat sebanyak 38 industri pariwisata Indonesia yang terdiri dari travel agents/tour operators, hotel, airline, restoran, dan lain-lain ikut bergabung dalam paviliun Wonderful Indonesia OTM edisi 2020.

Jumlah ini meningkat dari 30 peserta pada partisipasi Wonderful Indonesia pada OTM 2019. “Mengingat antusiasme dari industri dan buyers ke Paviliun Indonesia ini, organizer OTM menyatakan minatnya untuk di masa yang akan datang dapat mengadakan pameran OTM di Indonesia,” katanya.

Hasil dari partisipasi kegiatan OTM 2020 ini salah satunya adalah potensi pendapatan devisa sebesar 86,69 juta dolar AS atau sekitar Rp1,178 triliun yang didapat dari potensi wisman yang dihasilkan yaitu sebanyak 56.894 kunjungan (PES India 2018=USD 1.523,62/pax dengan kurs USD 1=Rp13.600).

Baca Juga :  Himpera Tawarkan 400 Rumah Krama Bali

Selain itu, dalam pameran pariwisata terbesar di kota Mumbai ini, beberapa pembicaraan juga dilakukan dengan travel agents dan tour operators besar serta maskapai penerbangan India seperti Yatra, Thomas Cook India, dan Go Air. ”Pembicaraan tersebut dilakukan guna menjajaki strategi pemasaran pariwisata Indonesia ke India agar semakin bertumbuh dan juga efektif,” katanya.

Selain itu, di tengah kekhawatiran dunia akan penyebaran Novel Coronavirus (nCoV), Sigit Witjaksono juga menyatakan bahwa wisman India tidak perlu takut berkunjung ke Indonesia mengingat Indonesia termasuk negara bebas dari wabah tersebut.

“Wisman India tidak perlu takut berkunjung ke Indonesia. Sejauh ini di Indonesia tidak ada kasus Coronavirus yang ditemui dan Indonesia terus berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk memonitor dan menjaga Indonesia dari penyebaran Coronavirus. Jadi saya dapat katakan Indonesia sangat aman dikunjungi dan wisman dapat berlibur ke seluruh destinasi di Indonesia tanpa khawatir,” ungkapnya.

Deputi Bidang Pemasaran Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya mengatakan partisipasi pada pameran ini juga merupakan bagian dari kick-off promosi pariwisata Indonesia di India untuk 2020 setelah sebelumnya Indonesia sukses berpartisipasi pada SATTE 2020 di New Delhi.

Berbekal acara menarik berupa kegiatan pameran, sales mission, famtrip, kerja sama terpadu, kolaborasi bersama industri pariwisata lokal dan internasional dan lain-lain, Nia menegaskan, Wonderful Indonesia siap untuk menghadapi tantangan melampaui target kunjungan wisman India sebesar 850.000 kunjungan di 2020.

“Paviliun Indonesia pada acara ini juga sukses mendapatkan penghargaan Best Decoration Pavilion International,” kata Nia. /Brt

Sumber Informasi ; Agustini Rahayu Kepala Biro Komunikasi

Editor ; Dik Eno

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

DPC AJOI Way Kanan Silaturahmi Dengan Calon Wakil Bupati Ali Rahman

Published

on

By

WAY KANAN, WWW.BERITATERKINI.co.id |Segenap awak media yang tergabung di dalam organisasi Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJO. Indonesia)Way Kanan, melakukan silaturahmi dengan bakal Calon Wakil Bupati Way Kanan, di Negeri Baru, Selasa malam (29/09/2020).

Mewakili dari anggota DPC. AJO Indonesia Way Kanan, Yuswantoro sebagai Sekretaris mengatakan, “pentingnya menjalin silaturahmi dengan salah satu calon wakil itu untuk berdiskusi, guna mendengarkan masukan dan saran terkait arah pembangunan way kanan dari kacamata pers”, terangnya.

Baca Juga :  Komandan Kodiklatal Terima Paparan Konsep Umum Operasi dari Para Pangkogas Latihan Armada Jaya Ke-38 TA 2020 Melalui Vicon

Masih menurut Sekretaris, “Karena pers merupakan pilar demokrasi keempat yang punya peran besar dalam suksesi Pilkada Way Kanan, serta tetap menjaga independensi profesi jurnalis,” ungkap Yuswantoro.

Sementara itu, Ali Rahman calon Wakil Bupati Way Kanan yang berpasangan dengan Raden Adipati Surya mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan rekan – rekan media, karena pers adalah mitra kerja berbagai elemen masyarakat.

Dalam suasana mesra dan akrab, itu pula, Ali Rahman calon Wakil Bupati Way Kanan menuturkan, “Allah SWT, lebih mengetahui niatan hamba – Nya, apakah ingin membangun Kabupaten Way Kanan, atau tidak”, ucap Pasangan yang menggunakan tagline  Berani Pasti Aman.

Baca Juga :  Ketua KPK Akui Pernah Bertemu Bupati Muara Enim Terdakwa Kasus Suap

Dia juga mengatakan, hingga saat ini dirinya tetap bersyukur akan nikmat yang telah dilimpahkan Allah pada nya dan semoga masyarakat mempercayakan amanah pada dia ( Ali Rahman) dan Adipati. Tukasnya. /Seno

Redaksi

Continue Reading

Berita

*Serahkan Bantuan Modal Kerja, Presiden : Jangan Patah Semangat*

Published

on

By

BOGOR, WWW.BERITATERKINI.CO.ID, Presiden Joko Widodo menyerahkan secara langsung bantuan modal kerja bagi para pelaku usaha mikro dan kecil pada Selasa, 29 September 2020. Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Saat berbincang dengan para pelaku usaha kecil tersebut, Presiden menjelaskan bahwa situasi yang tengah dihadapi mereka saat ini juga dihadapi oleh para pelaku usaha kecil lain maupun besar. Baik di Indonesia maupun di setidaknya 215 negara di dunia yang ikut terdampak Covid-19.

“Kita tahu bahwa sekarang ini memang baru pada kondisi pandemi Covid, semuanya merasakan termasuk Bapak/Ibu semuanya, ini terjadi tidak hanya di Indonesia. Terjadi di 215 negara. Kondisinya sama persis, kesulitan-kesulitannya, semuanya sama,” ujarnya.

Menurutnya, dalam situasi saat ini, seluruh pihak harus dapat bertahan dan bekerja lebih keras dari sebelumnya.

Kepala Negara memahami bahwa keuntungan dan omzet para pelaku usaha mengalami penurunan di tengah pandemi saat ini. Namun, Presiden mengajak agar seluruh pihak tidak patah semangat.

Baca Juga :  Danlanal Tegal Hadiri Upacara Virtual HUT Kemerdekaan RI Ke 75 di Pendopo Kota Tegal

“Saya harapkan semangatnya jangan kendur,” tuturnya.

Aman Nurmansyah, seorang pedagang kaki lima yang sehari-harinya berjualan kaki lima di sekitar jalan Pajajaran, Kota Bogor, berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Presiden itu.

“Saya berterima kasih kepada Bapak dapat bantuan ini. Setidaknya kita bisa bertambah lagi (kemampuan) untuk berjalan ke depannya,” kata Aman yang biasa berjualan cakwe dan odading ini.

Ia juga bercerita bahwa meski sempat mengalami penurunan hasil penjualan di tengah pandemi ini, dirinya terus berjuang dan tidak patah semangat. Aman Nurmansyah juga bersyukur masih tetap dapat melanjutkan usahanya.

“Saya jualan cakwe dan odading di Jalan Pajajaran. Sebelumnya saya sudah banyak usaha, tapi ya itu jatuh-bangun. Saya tidak menyerah, terus berjalan. Alhamdulillah sekarang tetap lanjut walaupun omzetnya menurun. Yang penting kita bertahan buat sehari-hari,” ungkapnya.

Oleh karenanya, bantuan modal kerja sebesar Rp2,4 juta yang diserahkan langsung tersebut diharapkan dapat meringankan beban para pelaku usaha kecil yang terdampak pandemi.

Baca Juga :  Himpera Tawarkan 400 Rumah Krama Bali

Kepada mereka Presiden mengingatkan agar dapat menggunakan bantuan tersebut dengan optimal.

“Kalau ada sisa, jangan sampai kemudian dibelikan ke hal-hal yang konsumtif,” kata Presiden.

Selain itu, Kepala Negara juga mengajak dan mengingatkan para pelaku usaha kecil dan mikro tersebut untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas menjajakan barang dagangannya.

“Hati-hati betul, kalau berjualan pakai masker. Apalagi yang berjualan makanan, sering cuci tangan. Memberikan dagangannya juga jaga jarak, kalau bisa jangan sampai bersentuhan,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebanyak 63 pelaku usaha mikro dan kecil yang berasal dari sejumlah wilayah di Kota dan Kabupaten Bogor hadir dalam dua sesi penyerahan untuk menghindari kerumunan dan memudahkan penerapan ketat protokol kesehatan.

Hadir dalam acara penyerahan bantuan modal kerja tersebut ialah Menteri Sekretaris Negara Pratikno serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki. (Red/Aj)

Penulis : Boy A

Continue Reading

Berita

Jenderal Andika : Kami All Out Dukung Pertanian

Published

on

By

JAKARTA, WWW.BERITATERKINI.CO.ID Ketersediaan bahan pangan pokok adalah salah satu tugas besar negara. Kami (red-TNI) juga merasa menjadi bagian dari tanggung jawab itu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Andika Perkasa saat menyampaikan sambutannya pada pendandatanganan kerja sama antara Kementerian Pertanian dengan TNI Angkatan Darat (TNI AD) di Kantor Pusat Kementan, Selasa (29/9).

“Dalam hal ini kebetulan Mentan ingin menggandeng, maka kami siap,” kata Jenderal Andika.

Kesiapan itu oleh Jenderal Andika sudah dibuktikan di Kalimantan Tengah. Pengolahan lahan tahap pertama pada program food estate menurutnya bisa dibilang sukses.

“Walaupun di dua kabupaten, yaitu Pulang Pisau dan Kapuas yang dimulai September ini.

Target sebenarnya di bulan september hanya 1.921 hektar. Dan kita sampai hari ini sudah mengolah 4.200 hektar,” ungkapnya.

Capaian ini tentu jauh melebihi dari target yang yang sudah ditentukan. Jenderal Andika optimis pada bulan November, pengolahan lahan untuk Pulang Pisu akan terselesaikan yang kemudian akan dilanjutkan mengolah lahan di Kapuas pada bulan Oktober hingga Desember.

Baca Juga :  DEMOKRAT DUKUNG JAGOAN PDIP GIRIASA DI PILKADA BADUNG 2020

Oleh karena itu, Jenderal Andika menyampaikan ketersediaan Alsintan berupa traktor roda empat apung harus segera direalisasikan.

“Ini kan lahannya rawa sehingga jika tidak dimodifikasi dengan ban apung bisa tenggelam. Saat ini, sudah ada 217 traktor roda empat dan 30 sudah dimodifikasi menjadi traktor apung,” katanya.

Menanggapi keseriusan dan semangat Jenderal Andika dan jajarannya, Mentan SYL menyampaikan apresiasi dan kebanggaanya atas integritas dan dedikasi TNI.

“Saya ini anak tentara. Jadi, bisa merasakan juga bagaimana semangat Jenderal Andika dan tentara yang ada di seluruh Indonesia,” ungkap SYL.

Pria yang akrab dipanggil Komandan ini menjelaskan bahwa pertanian pada umumnya didominasi oleh petani kecil, namun kontribusi mereka untuk menyediakan produksi pertanian, khususnya bahan pangan sangat dibutuhkan.

Baca Juga :  Danlanal Tegal Hadiri Upacara Virtual HUT Kemerdekaan RI Ke 75 di Pendopo Kota Tegal

“Saat sektor lain hampir tidak tumbuh, di saat pandemi ini, performa pertanian tumbuh cukup membanggakan. Penyumbang PDB tertinggi pada triwulan II,” katanya.

Mentan SYL mengatakan PDB pertanian tumbuh 16,24% pada triwulan-II 2020 (q to q) dan bahkan secara YoY, sektor pertanian tetap berkontribusi positif yakni tumbuh 2,19%. Capaian tersebut menurutnya ditopang subsektor tanaman pangan yang tumbuh paling tinggi yakni sebesar 9,23 persen.

“Kita patut bersyukur bahwa pertanian adalah sektor yang mampu menunjukkan kinerjanya di tengah kondisi Pandemi wabah Covid 19. Di saat sektor lainnya terpuruk, justru pertanian yang meningkat tajam,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, Jenderal Andika, lulusan Akademi Militer tahun 1987 menyampaikan dukungannya.

“Intinya tidak ada kata lain selain kami akan all out membantu Pak Menteri.

Seluruh jajaran TNI AD akan siap membantu,” pungkasnya. (Red/Aj)

Penulis : Boy A

Continue Reading

Trending