Connect with us

Berita

Kajati Lampung Dalami Masalah Deposito APBD Lampung Selatan, Berikut Pendapat Praktisi Dan Akademisi Gindha Ansori Wayka, SH, MH

Published

on

Lampung, BERITATERKINI.CO.ID | pengelolaan keuangan Daerah khususnya dari alokasi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) haruslah sesuai dengan mekanisme dan peraturan hukum yang berlaku, jika kebijakan pengelolaan keuangan Daerah tidak memperhatikan dan berpedoman aturan yang menjadi prinsip-prinsip dalam penggunaan uang Rakyat maka, dampaknya akan menjadi masalah yang berkepanjangan, bahkan bisa berdampak dan mengarah pada unsur pidana korupsi.

Meninjau Sederet dampak kebijakan deposito dari APBD Pemerintah Daerah (Pemda) Lampung Selatan (Lamsel), setelah deposito APBD Lamsel mencuat ke publik sepertinya, Pemerintah Daerah Lampung Selatan tidak tinggal diam, upaya mencari pembenaran pun dilakukan, melalui Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Intji Indriati, Pemda Lamsel melakukan klarifikasi lewat media, dan sempat mencatut dan menyeret-nyeret nama Lembaga Anti-rasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Intji menyatakan jika penempatan APBD Lampung Selatan ke pos deposito merupakan saran dan arahan KPK, justru berpotensi menjadi masalah baru, pasalnya KPK diam-diam memantau kebijakan deposito tersebut.

Baca Juga :  Ini Jawaban KPK Terkait Tudingan Fahri Hamzah Soal Gaji Pegawai Sewenang-wenang

Pantauan KPK terhadap deposito APBD Lamsel dibuktikan, pernyataan dari Dian Patria Ketua Koordinator supervisi Bidang Pencegahan (Korsupgah) KPK RI, Dian menepis pernyataan dari kepala BPKAD Lamsel Intji Indriati, disampaikan kepada media, KPK tidak pernah memberikan saran dan arahan tersebut.

Terpisah berbagai pendapat baik dari praktisi, pengamat, sampai akademisi memberikan perhatian khusus terhadap deposito APBD Lamsel yang penuh kontroversi tersebut, sampai berujung pada desakan LSM yang mengadukan secara resmi masalah deposito ke Lembaga Adhiyaksa, Kejaksaan Tinggi Lampung.

Kini Deposito APBD berpeluang menjadi masalah dan perkara, pasalnya Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Lampung Diah Srikanti, SH, MH telah mengeluarkan surat perintah kepada Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) guna mendalami APBD Lamsel yang di depositokan di BPD Bank Lampung, dari Tahun 2018 sampai 2019 sebesar Rp 250 Milyar.

Melalui surat Kajati Lampung, dengan nomor surat : R.663/L.8.3/Kph.I/12/2019, Menjadikan langkah awal dan babak baru polemik masalah deposito APBD Lamsel. Sampai dukungan kepada lembaga Adhiyaksa dari masyarakat pun mulai mengalir, kali ini seorang Praktisi dan juga Akademisi dari salah satu perguruan tinggi Swasta ternama di Lampung Gindha Ansori Wayka, S.H, M.H menyampaikan pendapatnya, Kamis (13/2/2020)

Baca Juga :  Catat! Ini Lokasi dan Waktu Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

“Pertama tentunya kita dukung Kejaksaan Tinggi Lampung untuk terus melakukan penyelidikan terhadap penempatan dana APBD kabupaten Lampung Selatan yang di depositokan” ungkapnya.

“Sehingga jangan sampai ada kesepakatan terkait persentase nilai dan menjadi fee oknum-oknum tertentu atas deposito tersebut”, jelas Ansori.

Lebih lanjut Ansori yang merupakan akademisi fakultas Hukum menjelaskan kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi terhadap upaya pembelaan Pemerintah Daerah Lamsel terhadap kebijakan deposito APBD.

“Jangan sampai jadi bancakan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, sehingga rakyat dirugikan berkali-kali”, katanya Kepada Kantor berita media ini. /BRT

Editor ; dik eno

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Begini Cara Perajurit Lantamal V Sambut HUT RI Ke-75 di Tengah Pandemi Covid-19

Published

on

By

SURABAYA, WWW.BERITATERKINI.CO.ID, Beberapa hari lagi, bangsa Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaannya yang ke-75. Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tersebut jatuh pada 17 Agustus setiap tahunnya, yang diperingati secara meriah dari ujung Sabang sampai Merauke. Namun, peringatan tersebut nampaknya tidak dapat dilakukan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi COVID-19 yang melanda beberapa bulan terakhir ini.

Demikian juga yang dilakukan Seluruh perajurit dan PNS Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya dalam memperingati HUT RI Ke-75 tahun 2020 kali ini, seusai sholat Jumat di masjid AT-Taqwa Mako Lantamal V Surabaya, segenap perajurit dan PNS dengan penuh khusyuk mengikuti doa dan dzikir bersama, dan tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus Covid-19. Jumat (14/8).

Baca Juga :  Persit KCK Koorcabrem 143 PD XIV/Hasanuddin Gelar Do'a Bersama

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, Tahlil, Tahmid, Shalawat, Istighfar kemudian ditutup dengan pembacaan doa khusus untuk Hari Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia Tahun 2020 yang dipandu oleh Kapten Laut (P) Baedlowi, S.Pd. yang sehari hari menjabat sebagai Pjs. Perwira Rohani (Paroh) Disminpers Lantamal V.

Dzikir dan doa bersama ini adalah sebagai wujud rasa syukur dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang, dengan rela mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan Bangsa Indonesia. Yang pada intinya adalah mensyukuri pemberian nikmat Allah SWT atas kemerdekaan yang telah dicapai dengan memperbanyak ibadah dan bekerja untuk mengisi kemerdekaan dan mempertahankan Negara kesatuan republik Indonesia. Sehingga kedepan Indonesia akan semakin maju dan dapat lebih menghargai jasa-jasa para Pahlawan.

Baca Juga :  DPR Pastikan Lanjutkan Pembahasan RUU KUHP

Tampak hadir dalam acara doa dan dzikir bersama ini, Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Jasiman purba, S.E., Para Asisten Danlantamal V, Kasatker, dan seluruh perajurit serta PNS Mako Lantamal V Surabaya. (Dispen Lantamal V)

REDAKSI : AJ

PENULIS : BENI

Continue Reading

Berita

Sambut HUT RI-75 Lanal Batuporon Gelar Do’a Dan Dzikir Bersama

Published

on

By

BANGKALAN, WWW.BERITATERKINI.CO.ID, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batuporon Lantamal V, menggelar zikir dan doa bersama dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. Kegiatan tersebut diadakan di Masjid At Tauchid Lanal Batuporon Jl. Mawar No. 3 kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Jumat (14/8).

“Zikir dan doa bersama ini bertujuan mendoakan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia,” kata Letkol Laut (P) Dodi Hermanto M. Tr. Hanla.

Baca Juga :  PEMERINTAH RESMI BUKA PENDAFTARAN KARTU PRAKERJA, MALAM INI

Ia menambahkan, kegiatan yang diadakan sejak ba’da Jumat itu diikuti seluruh Prajurit dan PNS Lanal Batuporon.“ Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran. Setelah itu dilanjutkan dengan zikir yang dipimpin oleh ustad Nurali dari gilitimur kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan”, tuturnya.

“Semoga Allah senantiasa melindungi para pimpinan para habaib, ulama, tokoh agama, dan semoga Allah senantiasa teguhkan hati kita dalam melakukan kebaikan,” ujarnya.

Baca Juga :  WABAH PANDEMI GLOBAL COVID-19, TIDAK MENYURUTKAN EKSPOR KELAPA PARUT SUMUT KE CINA

“Dan semoga Allah lancarkan lisan dan langkah kita dalam sampaikan kebeneran. Semoga Allah jadikan Indonesia negeri yang sejahtera baldatun thoyibatun warobun ghafur,” tambahnya.

Kegiatan Doa bersama diikuti oleh seluruh personil Lanal Batuporon baik Militer maupun PNS, sedangkan personil Lanal Batuporon yang beragama lain (Kristen / Nasrani) juga berdoa di tempat ibadah yang lain secara serentak.

REDAKSI : AJ

PENULIS : BENI

Continue Reading

Berita

Pendampingan Kegiatan BIAS Babinsa Koramil 11 Kemranjen

Published

on

By

BANYUMAS, WWW.BERITATERKINI.CO.ID,
Serka Agus Wahyudi, Babinsa Karangjati Koramil 11 Kemranjen Kodim 0701 Banyumas melaksanakan Pendampingan Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah ((BIAS) di SDN 1 Karangjati dan SDN 2 Karangjati. Jum’at, 14 Agustus 2020.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Desa Kedungpring di SDN Kedungpring dan SDN Gunung Mujil. Babinsa Kedungpring Sertu Syamsul Ma’arif juga hadir dan ikut membantu pada kegiatan ini.

Baca Juga :  DPR Pastikan Lanjutkan Pembahasan RUU KUHP

Jenis imunisasi yang dilakukan adalah pemberian vaksin Campak. Sedangkan murid yang deberikan imunisasi ini terdiri dari : SDN 1 Karangjati sebanyak 15 anak, SDN 2 Karangjati sebanyak 10 anak, SDN Kedungpring sebanyak 28 anak dan SDN Gunung Mujil sebanyak 18 anak. Petugas medis yang melaksanakan kegiatan ini dari Puskesmas Kemranjen I

REDAKSI : AJ

PENULIS : BENI

Continue Reading

Trending