27, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Ketua MA Syarifuddin Akan Tingkatkan Kualitas Peradilan di Indonesia

2 min read

Hakim Agung Muhammad Syarifuddin terpilih sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.(Doc. Net)

Jakarta, BeritaTerkini.Co.Id — Dengan terpilih untuk menggantikan Prof. Muhammad Hatta Ali sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA), menjadi bukti konkrit bahwa Muhammad Syarifuddin merupakan sosok yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan profesionalitas untuk membawa MA menjadi lembaga yang disegani rakyat.

Kepiawaiannya dalam bertugas membuat sosok Syarifuddin dipercaya dapat meningkatkan kualitas sistem peradilan di negara kita tercinta, Republik Indonesia.

Jejak karirnya dirinya dari sejak tahun 1981 hingga terpilih menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial di tahun 2016 pun bersih tak bercela. Hal ini membuktikan integritas beliau sebagai hakim sudah teruji dan terbukti mumpuni.

Baca Juga :  PEMAKAIAN KELENGKAPAN DINAS TERBARU BHABINKAMTIBMAS POLSEK TEGALREJO MAGELANG

Saat ini, hanya waktu yang dapat menjawab apakah Syarifuddin mampu menjaga integritasnya saat mengemban tugas sebagai Ketua MA yang baru mengingat semakin besar tanggung jawab yang dipikulnya, maka makin besar pula godaan yang mengikutinya.

MA sebagai ujung tombak penegakan keadilan, memikul beban yang tidak ringan. Pasalnya, dalam melaksanakan tugas mereka tidak hanya bertanggung jawab terhadap manusia, tetapi juga di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

MA sebagai salah satu pilar kekuasaan dalam Trias Politika memiliki peran besar yang tentu tak kalah penting dibanding kepresidenan (eksekutif) dan perwakilan rakyat (legislatif).

Baca Juga :  Andi Surya: Virus Corona, Menguji Sensitifitas Pemkot Metro Terhadap Kebutuhan Warga

Untuk itu, sebagai masyarakat kita wajib mengawasi perilaku hakim dengan ketat seperti kita mengawasi lembaga kepresidenan dan para wakil rakyat.

Kita berharap para hakim dan institusi peradilan jangan bermain-main dengan kekuasaan yang dimiliki sehingga sangat penting menjaga profesionalitasnya sebagai “wakil Tuhan di bumi” dalam menjaga keadilan masyarakat sesuai dengan Pancasila dan selalu memperjuangkan hak asasi manusia karena rakyat perlu kebenaran dan pembenaran dalam proses hukum.

 

 

Editor : Lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *