27, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Warga Binaan Lapas Mulai Resah Akibat Wabah Covid-19

2 min read

MEDAN – BERITATERKINI.CO.ID – Semakin maraknya wabah pandemi Covid-19 membuat para warga binaan lapas semakin was-was dan resah.

Salah seorang warga binaan Lapas Tanjung Gusta Medan yang namanya minta dirahasiakan pada Senin (9/4/2020) menyampaikan bahwa warga binaan disini sangat khawatir dengan penyebaran Covid-19. Apalagi disini penghuni lapasnya over kapasitas, sehingga kami sangat khawatir akan cepat tertular bila ada satu saja warga binaan yang terpapar.

Dengan perkembangan pandemi Covid-19 yang begitu cepat, kami pun sangat cemas dan was-was, mengingat dengan kondisi kami di lapas sangat sulit untuk bisa menerapkan social distancing maupun phisycal distancing, imbuhnya.

Baca Juga :  PENUNDAAN PILKADA SERENTAK, BAWASLU LAMPUNG "MASIH MENUNGGU PERPPU"

Disampaikan juga oleh narasumber tersebut bahwa mereka sangat berharap kepada pemerintah agar memperhatikan keresahan warga lapas. Mereka juga berharap agar dalam situasi yang mengkhawatirkan seperti ini mereka dapat dispensasi pembebasan atau remisi tahanan.

Sebelumnya kebijakan pembebasan 30.000 narapidana telah dicetuskan oleh Menhunkam Yasona Laoly menimbang situasi wabah Covid-19 yang terus cepat penularannya. Salah satu aspek yang menjadi pertimbangan adalah faktor lapas yang over kapasitas dan faktor kemanusiaan. Dan kebijakan ini perlahan sudah mulai dilaksanakan. Selain itu juga ada wacana yang muncul ke publik agar dirumahkannya para napi koruptor mengingat hal yang sama, namun hingga kini belum ada yang terealisasi.

Baca Juga :  Tambah Keterampilan, Kowal AAL Ikuti Pelatihan Melukis Masker

Pada tanggal 2/4/2020 yang lalu, Lapas Klas I A Tanjung Gusta Medan telah membebaskan sebanyak 143 narapidana. Melalui Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bernomor PAS-497.PK. 01.0404 tahun 2020 yang mengatur tentang pembebasan narapidana melalui asimilasi dan integrasi guna mencegah penyebaran Covid-19.

(R-10)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *