MEDAN – BERITATERKINI.CO.ID – Karang Taruna Medan menggelorakan gerakan bersama melawan penyebaran Covid-19. Sejak 26 Maret hingga 12 April 2020, organisasi ini beraksi menyemprotkan disinfektan di seluruh kecamatan di Medan. Selain itu, dengan bekerja sama dengan Karang Taruna Sumut, juga dilakukan pembagian sembako bagi keluarga tidak mampu yang mengalami dampak ekonomi akibat pandemi ini.

“Seluruh komponen bangsa harus bergotong royong untuk memutus penyebaran pandemi Covid-19. Karang Taruna bertekad menunjukkan partisipasi aktif dalam gerakan bersama ini,” ujar Ketua Karang Taruna Medan, M. Akhiruddin Nasution, Senin (13/4).

Akhiruddin mengatakan, sampai saat ini Karang Taruna Medan telah melakukan penyemprotan di 19 kecamatan di Medan. Lokasi yang disemprot adalah
fasilitas umum dan rumah ibadah.

“Pada pekan ini, akan dilanjutkan penyemprotan di dua kecamatan lagi yakni, Tembung dan Perjuangan,” ujar Akhirudin didampingi Sekretaris Karang Taruna Medan, Suhardi Arbie.

Akhiruddin menyampaikan, aksi “Karang Taruna Melawan Corona” ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik instansi pemerintah, BUMD, maupun perusahaan swasta.

“Untuk penyemprotan disinfektan kita juga mendapat dukungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan,” ucapnya seraya mengatakan, melawan penyebaran Covid-19 ini memang harus semua pihak dengan semangat gotong royong sebagaimana yang selalu disampaikan Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si.

Baca Juga :  JPKP WAY KANAN SIAP BERSATU MENCEGAH DAN MELAWAN PENYEBARAN COVID 19

Dalam setiap aksi penyemprotan ini selalu hadir camat dalam apel pelepasan tim penyemprotan. Para camat ini menyampaikan ungkapan terima kasih dan apresiasi pada aksi yang dilancarkan Karang Taruna Medan ini.

Salah satunya adalah Camat Medan Area, Hendra Asmilan, S.Ip., MAP. Dia mengungkapkan, kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan Karang Taruna ini layak diapresiasi dan didukung. Menurutnya, diperlukan aksi nyata untuk melawan penyebaran Covid-19 ini sebagaimana yang telah ditunjukkan Karang Taruna dan berbagai organisasi kemasyarakatan lainnya.

Aksi “Karang Taruna Melawan Corona” ini juga berisikan kegiatan pembagian bahan kebutuhan pokok kepada keluarga tidak mampu yang terkena dampak ekonomi pandemi ini. Penyerahan bahan kebutuhan pokok ini dilakukan pada Sabtu (11/4) dan Minggu (12/4) di Sekretariat Karang Taruna Sumut.

“Ini merupakan sumbangan dari Ketua Karang Taruna Sumut, Dedi Dermawan, yang disalurkan kepada masyarakat tidak mampu melalui Karang Taruna Kecamatan se-Kota Medan,” terang Akhiruddin.

Kegiatan pembagian bahan kebutuhan pokok itu ditandai dengan penyerahan secara simbolis kepada keluarga tidak mampu oleh Ketua Karang Taruna Sumut, Dedi Dermawan. Sebanyak 210 Paket bantuan yang disalurkan masing-masing terdiri dari beras 5 Kg, gula 1 Kg, minyak goreng 1 kg, mi instan 5 bungkus, dan bubuk teh 1 bungkus.

Baca Juga :  Terdampak Covid-19,Mahasiswa Asal Malaka Di Bali Meminta Perhatian Dari Pemerintah

“Kita terus berupaya untuk memberikan bantuan yang lebih banyak lagi. Karena itu, Karang Taruna Medan terbuka untuk bergotong royong dengan berbagai pihak untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi ini,” ungkap Akhiruddin.

Akhiruddin menambahkan, dalam waktu dekat ini juga Karang Taruna Medan bekerja sama dengan salah satu BUMN, akan menyalurkan bantuan bahan kebutuhan pokok. Direncanakan, sebanyak 1510 paket bantuan akan disalurkan kepada warga yang tidak mampu yang tersebar 151 kelurahan di Medan.

Dalam kesempatan itu, Akhiruddin juga menyampaikan dukungan kepada berbagai upaya yang dilakukan Pemko Medan dalam percepatan penanganan Covid-19 ini, termasuk soal penerapan physical distancing maupun kewajiban warga memakai masker saat keluar rumah.

“Memang dibutuhkan kedisiplinan dan ketegasan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Karena itu, Karang Taruna juga menyerukan kepada seluruh anggotanya agar mengikuti setiap imbauan pemerintah dengan penuh kesadaran dan kedisplinan,” tandas Akhiruddin.

(M-01)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here