23, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

AYAT-AYAT UNTUK MENGAWAL SEBUAH KEPUTUSAN KITA

3 min read

Oleh :Prof. Dr.Ir.H. Koemawan AS, M.Sc., M.BA, DBA (Guru Besar Bidang Manajemen ITB Ahmad Dahlan Jakarta)

JAKARTA, WWW.BERITATERKINI.CO.ID |Terilhami Ayat-ayat Cinta, ternyata saat film itu diputar, disana ada lantunan ayat-ayat Al Quran yang berbicara tentang cinta, salah satu ayat itu dihiasi dengan ungkapan “Mawaddah Warohmah”.

Intinya bahwa cinta pasangan suami istri itu, agar membangun situasi yang sakinah, mawaddah warohmah. Bahagia, serta penuh kasih sayang. Lalu diujung ayat itu, “Inna Aqromakum Indallohi Attqokum”. Sesungguhnya orang yang paling mulia disisi Allah ialah yang paling bertaqwa.

Bukankah, tujuan puasa ialah, “ supaya kamu menjadi orang yang bertaqwa” . Kesanalah tulisan ini dibuat.
Mengenai ayat-ayat yang dimaksud dalam tulisan ini, bisa berasal dari Al Quran, atau Hadits.

Mengenai tema utama yakni “Decision Making” atau membuat keputusan, saya ambil dari Kuliah Prof.Dr. Anang Z. Ghani, Wimar Witular MBA dan Dr. Kuntoro Mangkusubroto, semua dosen jurusan Teknik Industri ITB Bandung.

Prof. Dr. Matthias Aroef bertanya, “Mengapa manusia berbuat sesuatu?”. Jawab beliau karena manusia ingin menyelesaikan persoalannya. Seperti apa solusinya tentang apapun, pasti melalui proses keputusan.

Contoh sederhana, mengapa kita makan?. Karena punya masalah lapar. Muncul masalah makan apa, dimana, dengan siapa, mengapa makan ini, kapan, akhirnya: Bagaimana sampai kesana?

Baca Juga :  KARO MULTIMEDIA DIVISI HUMAS POLRI ; TURUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA WAKIL JAKSA AGUNG RI DR. ARMINSYAH, S.H, M.Si

Nah keputusan yang baik, secara teori haruslah melalui tahapan sbb:

1. Tetapkan tujuan. (objective).

2. Problem Setting, apa masalah intinya.

3. Analysis. Lakukan Analisa, uraikan masalah itu, hingga jelas unsur-unsurnya.

4. Synthesis. Gabung-gabungkan mana yang relevan untuk solusi.

5. Lahirkan alternatif solusi dan scenario. Bila ini terjadi, mau apa?

6. Pilih terbaik dan putuskan.
Inilah ayat-ayatnya untuk Decisions Making. Sbb:

1. Tetapkan Tujuan: Innamal amalu bi niyyyat. Segala amal, bergantung kepaa niatnya. Niatkanlah dengan niat yang baik. “Lillahi taala”. Dan “Li ilaai kalimatillah. Tujuan melakukan sesuatu hanya Karena Allah dan berupaya kepada Tegaknya Hukum hukum Allah. “Wa maa kholaktul jinna wal insaa illaa liyabudunii”. Dan tidak diciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaKU.

2. Pahami masalah. “Wa laa Taqfu maa laisa laka bihi ilman. Inna samaa walbashoro. Wal fuadza kullu ulka ika kanuu masulan”. Jangan berbuat sesuatu tanpa memahami paham benar apa yang terjadi, karena pendengaran, penglihatan dan semua yang ada dalam hatimu akan diminta pertanggung jawabnya. Jadi jangan memutuskan sesuatu yg tak dipahami benar. Pahami benar, masalah apa yang terjadi.

3. Lakukan Analisa dengan baik, karena “ Famayya mal mitsqo lazarratin khoeroyyaroh. Wa maayyamal mitsqo lazaarotin syarroyyaroh”. Berupayakan Analisa, karena kebaikkan sekecil apapun, akan diperhitungkan Allah SWT. Dan keburukan sekecil apapun akan diperhitungkan Allah SWT. Lakukan Analisa, mengenai baik dan buruknya sebuah keputusan yang akan diambil. Pertimbangkan manfaat atau mudharatnya.Pikirkan ini semua.

Baca Juga :  Nilai Tukar Rupiah Rp 16.550, Mendekati Kondisi Krisis 1998

4. Setelah menganalisa, lalu munculkan alternative karena dalam Islam, setiap pilihan harus “Halalan thoyiban”. Islam menghendaki pilihan kita itu harus HALAL dan baik. Bayangkan pada Shalat Ied Fitri nanti, kita ke lapang dengan sarung lama dan kaos singlet dalam putih. Jelas HALAL, tetapi kurang baik. Allah SWT itu Indah dan menyenangi keindahan.

5. Apabila telah memutuskan, maka Tawakal kepada Allah. Setelah kita memilih dengan pertimbangan yang halal dengan baik.

Maka putuskan dengan percaya diri, lalu tawakal. “Faidza azamta fatawakal alalloh”. Tapi ingat kekuasaan ada ditangan Allah. Dengan bertawakal kita yakin bahwa semua keputusan kita selalu dalam ridonya.

Kalau setelah memutuskan dan menyerahkan kembali kepada Allah. Maka, Insya Allah keputusan itu, adalah terbaik disisiNYA.

Demikianlah ayat-ayat keputusan. Semoga saudara muslim menghayatinya. Aamiin Allohumma Aamiin. /Red-beritaterkini

Pada Kamis, 23 April 2020

Kontributor ; Ichwan Aridanu, S.Pd, M.Pd

Editor ; SA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *