Nasional

Aksi Gotong Royong: PKP Berdikari Bagikan Ratusan Paket Sembako

JAKARTA – BERITATERKINI.CO.ID – Pusat Kajian dan Pengembangan Berdikari melakukan aksi gotong royong untuk membantu masyarakat tidak mampu di tengah pandemi Virus Corona. Bantuan berupa paket sembako itu ditujukan kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat penyebaran Covid-19 yakni masyarakat yang menghandalkan pendapatan harian untuk hidup. Mereka ada yang tukang becak, buruh bangunan, supir angkot, pengemudi ojol dan pekerja harian serabutan.

Sebanyak 100 paket sembako telah dibagikan kepada mereka di wilayah Depok dan Bogor pada hari Rabu, tanggal 22 April 2020. Pembagian Sembako ini dikoordinir Harmi Ja’far, dibantu Peppi. Turut membagi sembako, Osmar Tanjung, Ustad Amran Saragih, Jonnes Manurung dan panitia.

Setiap paket berisi beras, minyak goreng, telur, dan kecap. Selain itu, masyarakat juga mendapat alat pelindung diri berupa masker.

Menurut Osmar Tanjung, Sekjen PKP Berdikari, seluruh penerima bantuan merupakan kelompok masyarakat yang hidup hanya dengan mengandalkan pendapatan harian. Kelompok ini dinilai paling rentan karena penerapan kebijakan PSBB berimbas pada penurunan aktivitas ekonomi, hingga hilangnya mata pencaharian.

Di tempat terpisah, PKP Berdikari juga menginisiasi gerakan Giat Cuci Tangan dan Pembagian Masker Gratis bagi masyarakat. Kegiatan tersebut berpusat di Kelurahan Kembangan dan sekitarnya, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Koordinator kegiatan Sudiharto menyatakan, jumlah masker sumbangngan PKP Berdikari yang telah dibagikan mencapai 500 buah. Selain itu, ada 300 masker bantuan donatur lain yang juga dibagikan ke warga.

Gerakan Giat Cuci Tangan, dilakukan dalam bentuk pembuatan wadah cuci tangan warga dengan menggunakan bahan daur ulang. “Jumlah tempat cuci tangan di pusat kegiatan ada 200 buah. Itu belum termasuk jumlah yang tersebar di wilayah lainnya,” imbuh Sudiharto.

Penggunaan masker dan rajin mencuci tangan merupakan cara paling sederhana untuk menangkal penyebaran virus korona. Meski sederhana, cara tersebut dinilai paling ampuh apabila dilakukan secara disiplin.

Serangkaian aksi solidaritas yang dilakukan PKP Berdikari ini, sejalan dengan apa yang diserukan Presiden Joko Widodo terkait pentingnya gotong-royong di tengah kesulitan menghadapi pandemi.

“Aksi gotong royong yang selalu menemukan kekuatan dan solusi lokal di tengah berbagai krisis,” ujar Presiden dalam video singkat yang disebarkan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

(M-01)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: