BeritaDaerah

BARA-JP Lampung Minta Seluruh Anggota KJS Lamsel Di Tes PCR COVID-19, Usai Kumpulkan Massa Berjumlah Besar

LAMPUNG, WWW.BERITATERKINI.CO.ID |Usai publik dibuat heboh oleh kegitan dari Klub Jantung Sehat (KJS) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) yang berkumpul dalam jumlah besar (diperkirakan ratusan) di Lapangan Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan Lamsel, Kamis (7/5/2020) di tengah kondisi dan situasi Negara sedang melawan wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) mendapat kritikan keras dari berbagai elemen masyarakat.

Setelah pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Lamsel, sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) kini sorotan pedas datang dari Barisan Relawan Jokowi Presiden (BARA-JP) Provinsi Lampung, dr. Relly Regen mengatakan kepada awak media bahwa Bara-JP menyayangkan adanya kegiatan KJS Lamsel yang tidak mengikuti imbauan Pemerintah terkait Protokoler Kesehatan, Minggu (10/5/2020).

“BARA-JP menyayangkan kegiatan KJS Lamsel ini tidak mengindahkan protokoler Kesehatan dengan menerapkan Physical Distancing dan Social Distancing yaitu hindari kumpul berkelompok, menginap, anak-anak bermain bersama, konser/pertunjukan, nonton di bioskop, event Olahraga, pergi ke Mall, berolahraga di pusat kebugaran, menerima tamu, dan hindari naik transportasi umum, kami sungguh prihatin sekali”, ungkap dr. Regen sapaan akrabnya.

Lebih lanjut dr. Regen menyampaikan, “seharusnya membubarkan diri dan mengikuti surat edaran Pemerintah untuk ‘stay at home’, masih beliau, “apalagi ini adalah KJS Binaan Istri Bupati Lampung Selatan seharusnya bisa memberi tauladan dan contoh yang baik”, tegas aktivis Kesehatan dan Sekretaris DPD Bara-JP Lampung ini.

Disinggung soal kondisi kesehatan anggota KJS dan sanksi hukum, dr. Regen menjelaskan, “perlu dilakukan pendataan anggota KJS, guna melakukan rapid test COVID-19, sebab saat ini banyak pasien COVID-19 didapatkan orang tanpa gejala (OTG) sebaiknya dites fcr semua.

“Sesuai maklumat Kapolri dan surat edaran Menteri Dalam Negeri, segera pihak kepolisian memanggil pihak KJS terkait kegiatan tersebut”, terang dr. Relly Regen yang juga pengurus DPP Bara-JP Bidang Mitigasi dan Bencana.

Diberitakan sebelumnya kelompok Ibu-ibu mengenakan kostum yang didominasi warna merah bercampur putih dengan tulisan kaos Klub Jantung Sehat (KJS) kedapatan berkumpul dengan jumlah ratusan di lapangan Desa Pasuran Kecamatan Penengahan Lamsel, Kamis (7/5/2020).

Situasi tercipta tidak memperhatikan protokoler kesehatan sesuai standar Pemerintah Pusat diantaranya dari Physical Distancing, Sosial Distancing, mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap, disinyalir pertemuan tersebut ilegal tanpa izin.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh awak media, bahwa kegiatan KJS tersebut bukan hanya kumpul biasa, ada dugaan agenda itu diboncengi kepentingan politik lain, sebab dibuktikan adanya pembagian paket sembako yang berlangsung sekira pukul 14.00 WIB, yang belum jelas sumber sembako tersebut diperoleh dari mana. Namun kegiatan belum selesai sudah dibubarkan.

“Sekitar jam 2-an, Sampai ada pembagian sembako, tapi belum semua sudah dibubarin oleh petugas dari kepolisian Sektor (Polsek) setempat,” ujar Anto warga Kecamatan Penengahan.

Sementara itu, ketika dimintai keterangan, Camat Penengahan, Erdiyansyah, SH, MH mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan perkumpulan KJS, namuh telah dibubarkan dan pulang masing-masing.

“Tadi ada kumpul KJS tetapi sudah dikordinasikan dan sudah pada pulang sekarang,” kata Camat Penengahan.

Kemudian ketika ditanya apakah tidak menyalahi Protokoler Covid-19 dan Maklumat Kapolri, mantan Camat Kalianda ini menjelaskan, sudah diberikan teguran dan imbauan, sehingga mereka membubarkan diri.

“Sudah kita imbau untuk segera pulang. Ya makannya kita imbau segera tadi,” jelasnya.

Terpisah Kapolres Lamsel AKBP Edi Purnomo, SIK ketika dimintai tanggapan adanya kerumunan massa di Wilayah Hukum Kecamatan Penengahan, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui pasti.

“Saya belum dapat bahannya mas. Makanya lagi cari info kebenarannya mas. Kapolsek sudah saya info,” singkatnya melalui sambungan Handphone selulernya.

Hingga berita ini diterbitkan belum ada keterangan resmi dari Ketua KJS Kabupaten Lampung Selatan yang merupakan Istri dari Nanang Ermanto (PLT Bupati Lamsel). /Red-beritaterkini

Editor ; SA

Related Articles

7 Comments

  1. Undeniably believe that which you said. Your favorite reason appeared to be on the
    net the simplest thing to be aware of. I say to you, I definitely get irked while people think about worries that they plainly do
    not know about. You managed to hit the nail
    upon the top and also defined out the whole thing without having side effect
    , people could take a signal. Will likely be back to get more.
    Thanks

  2. My coder is trying to convince me to move to .net from PHP.
    I have always disliked the idea because of the expenses.
    But he’s tryiong none the less. I’ve been using WordPress on various websites for about a year and am worried about switching to another platform.
    I have heard very good things about blogengine.net. Is there a way I can import all my wordpress content into it?
    Any help would be really appreciated!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: