25, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Pemkot Palembang Di Instruksikan Segera PSBB oleh Gubernur Sumaetra Selatan, LAAGI Kasih Saran dan Masukkan

2 min read

Sukma Hidayat Ketua Umum Lintas Aktivis Antar Generasi Indonesia

Palembang, beritaterkini.co.id,- “Setelah  masukan dan saran yang disampaikan Bapak H. Alex Noerdin di beberapa media agar Pemerintah Kota Palembang segera menerapkan dan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sesuai dengan Surat Keputusan  dari Kementerian Kesehatan  yang telah diterbitkan beberapa hari yang lalu. Dalam pemberitaan malam ini  hal tersebut, mendapat respon cepat oleh Gubernur Sumatera Selatan dengan menginstruksikan kepada Pemerintah Kota Palembang segera melaksanakan PSBB. “

Ketua Umum  Lintas Aktivis Antar Generasi Indonesia Bung Sukma Hidayat, saat diminta pendapatnya mengatakan bahwa kami selaku organisasi  menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak H. Alex Noerdin yang telah memberikan saran kepada Pemerintah kota Palembang sehingga pada malam ini Gubernur provinsi Sumatera Selatan segera menindak lanjuti saran serta masukan tersebut.

“Dengan lonjakan  jumlah pasien yang terkonfirmasi positif covid 19 secara signifikan, tentunya langkah yang diambil oleh Gubernur Sumatera Selatan  sudah tepat dengan menginstruksikan Pemerintah Kota Palembang untuk segera  melaksanakan PSBB. Namun, seharusnya hal ini sudah  dilakukan  sejak diterbitkannya Suratt Keputusan dari Kementerian Kesehatan.”  Ujar Sukma.

Baca Juga :  VIRUS CORONA ; MENKUMHAM BERLAKUKAN 3 OPSI UNTUK WARGA TAHANAN, SALAH SATUNYA OPSI TAHANAN RUTAN MENJADI TAHANAN RUMAH ATAU KOTA

Sukma Hidayat menambahkan pelaksanaan PSBB ini harus segera dilaksanakan namun pertanyaannya “Apakah Peraturan Wali (Perwali)  dan segala hal yang menyangkut tentang kepentingan PSBB sudah dipersiapkan Pemerintah Kota Palembang ? Jangan sampai kesannya pemberlakuan PSBB dipaksakan, Pemerintah kota Palembang harus berhitung cermat sehingga kesannya bukan berdasarkan keputusan emosional” Tegasnya.

“Sementara ini, hal yang kami harus ingatkan kembali kepada Pemerintah Kota Palembang selama masa pelaksanaan PSBB berlaku agar kiranya  harus benar-benar serius dalam penerapannya. Selain itu, harus juga yang tidak kalah pentingnya ialah segera mengevaluasi sejauh mana penanganan yang sudah dilakukan terhadap penangulangan covid 19 ini. Karena percuma jika dilakukan PSBB namun tindakan pencegahan dan peralatan medis masih relatif minim.” Imbuh Sukma Hidayat.

Menurut kami ada beberapa hal yang harus dilakukan pemerintah Kota Palembang dalam pelaksanaan semasa PSBB berlangsung, antara lain sebagai berikut :

1. Kelengkapan dan ketersediaan peralatan medis yang harus maksimal.

2. Bentuk manajemen operasional dalam penanganan pada saat pelaksanaan pencegahan dapat berjalan efektif dan efesien.

Baca Juga :  *Menteri PPN Ikuti Rapat Tingkat Menteri Membahas Persiapaan Pelaksanaan Vaksin*

3. Siapkan Rumah Sakit khusus yang ditunjuk, jangan sampai semua tenaga medis diseluruh Rumah Sakit terpapar pandemi covid 19.

4. Evakuasi ke tempat khusus bagi keluarga pasien yang positif covid 19 dan cukupi  kebutuhan logistik mereka serta diawasi.

5. Bagikan masker dan hand sanitizer setiap kepala keluarga sebanyak 15 pcs.

6. Hitung secara cermat kebutuhan logistik untuk masyarakat kota Palembang.

7. Berikan suplemen bagi tenaga medis sesegera mungkin

8. Tutup semua  Mall yang ada di Kota Palembang  jangan sampai penyebaran semakin banyak

Semoga saran dan masukan kami dari Lintas Aktivis Antar Generasi Indonesia, bisa menjadi tolak ukur pemerintah Kota Palembang  dalam melakukan upaya pencegahan dan penyebaran wabah Covid 19 khususnya di Kota Palembang yang kita cintai ini. Tutup Sukma Hidayat (Red/Danu)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *