28, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Melindungi Kesehatan Buah Hati Ditengah Pandemi

2 min read

PALEMBANG, WWW.BERITATERKINI.CO.ID |Peran orang tua adalah penting dalam kaitannya dengan anak yaitu pada saat setelah mobilisasi para orang tua dan saat kembali kerumah, bertemu dengan buah hatinya bahkan pada saat berdekatan dengan mereka.

Anak sangat rentan terpapar Covid-19 dari Orangtuanya. Forum edukasi yang menggaet ratusan viewer juga dipenuhi tanya jawab yang sangat membantu wawasan terutama, bagi para orang tua dalam menyingkapi keadaan Pandemi seperti sekarang ini.

Data meningkatnya pasien usia anak yang terpapar Covid-19 di Indonesia  terkonfirmasi dengan pernyataan dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) beberapa waktu lalu di berbagai media.

Dimulai dengan imbauan kepada para orangtua yang harus mendisiplinkan diri dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 ini.
– menggunakan masker
– mencuci tangan
– physical distancing

dr. Irwan Effendy, Sp. A, M. Biomed mengatakan bahwa,¬† “dalam berbagai survey menyatakan usia anak sangat mungkin menjadi OTG (orang tanpa gejala) dan CARRIER, selain droplet juga dapat menularkan covid melalui “feses” (kotoran BAB), Jum’at (5/6/2020).

Baca Juga :  Ribuan Elemen Masyarakat Kawal Paslon Tony-Antoni Daftar Ke KPU Lampung Selatan

Gejala anak, terpapar Covid seperti batuk, pilek, demam disertai diare hendaknya langsung dikonsultasikam ke dokter dibantu dengan pengobatan dan isolasi dirumah dan apabila gejala semakin bertambah disertai sesak napas, tidak mau makan, demam tinggi bahkan diare yang berlebihan, segera dibawa ke Rumah Sakit, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang sangat sering kita dengar dimasa pandemi Covid-19 ini.

Asupan Vitamin C dan D yang cukup sangat dianjurkan kepada anak sebagai peningkatan imun dalam mencegah terpapar Covid-19. Vitamin C selain dari Sayuran dan buah-buahan yang juga bisa didapat dari vitamin kemasan yang beredar. Vitamin D adalah sinar matahari yang juga harus bisa didapatkan anak dengan menjauhi keramaian.

Pada anak dianjurkan mengurangi kontak dengan Keramaian, apalagi tanpa physical distancing yang benar, sangat beresiko penularan virus tersebut.

Baca Juga :  Kemenkumham Bantah Berikan Sel Nyaman Kepada Setya Novanto di Lapas Cipinang

Ditutup dengan imbauan kepada orangtua untuk melindungi buah hati dimasa pandemi, adalah istilah MCOVID dari dokter speasialis anak ini yaitu :
Masker digunakan kalo harus keluar rumah, cuci tangan sesering mungkin, Obati kalo terserang penyakit, Vaksinasi tetap berjalan, imunitas ditingkatkan dan jaga jarak”.

Ditambahkan oleh dr. Irwan Effendy, Sp.A, M. Biomed Spesialis anak dari Rumah Sakit (RS) Siloam Sriwijaya Palembang mengenai informasi tentang, “Vaksinasi pada anak harus terus dijalankan dan RS Siloam Hospital Groups masih terus memberikan pelayanan vaksinasi anak “drive thru”, yang diharap dapat membantu si anak dalam menghindari keramaian, yang rentan menjadi resiko penularan Covid-19 ini”, ungkapnya. /Redaksi

Editor ; Asp

2 thoughts on “Melindungi Kesehatan Buah Hati Ditengah Pandemi

  1. guys ada kabar keren nich,
    mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat?
    dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama,
    buruan yach ke bola165
    jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *