29, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Nurlela, Ibu Rumah Tangga dari Kampung Way Pisang Ajak Warga Melek Aksara Melalui Taman Baca

2 min read

WAY KANAN, WWW.BERITATERKINI.CO.ID|Dengan bermodalkan buku bacaan dan tempat yang sederhana, Nurlela, seorang ibu rumah tangga dari kampung Way Pisang mengajak warga melek aksara. Melalui taman baca yang ia kelola sejak tahun 2018 itu, Nurlela melakukan berbagai aktifitas literasi di lingkungannya.

Selain memberikan bimbingan belajar dan layanan bimbingan baca tulis kepada anak-anak, Nurlela juga aktif melatih para remaja untuk keterampilan kreasi tangan.

“Buku bacaannya memang belum banyak, tapi di taman baca ini jumlah warga dan anak-anak yang datang membaca sudah cukup banyak. Saya juga ajarkan remaja disini membuat kreasi berupa gantungan kunci, bros jilbab dan aneka pernak pernik lainnya” ujar Nurlela di kediamannya di Way Pisang, Sabtu (13/6/2020).

Baca Juga :  Satgas Yonif Mekanis 516/CY, Bagikan Masker Kepada Pekerja Perkebunan di Perbatasan

Nurlela tidak sendiri. Ia juga dibantu Ridhoin, pemuda setempat yang turut mengelola taman baca itu.

Ridhoin mengungkapkan bahwa masyarakat juga perlu diajak untuk mempraktekkan hasil dari buku sudah dibaca.

“Jadi maksud saya membaca itu tidak hanya sekedar membaca. Tetapi juga harus ada output dari apa yang telah dibaca. Misalnya membuat aneka produk olahan pangan dan semacamnya. Sehingga kegiatan membaca itu bisa memberikan nilai manfaat bagi masyarakat”, papar Ridhoin.

Ditempat terpisah, Irvan, kepala kampung Way Pisang mengaku sangat mendukung kegiatan literasi di taman baca itu. Dijelaskannya bahwa selama aktifitas itu bermanfaat dan positif, pasti didukung oleh pemerintah kampung.

Baca Juga :  Panglima TNI Marsekal Menekankan Agar Social Dan Physical Distancing Dilaksanakan Secara Ketat

“Kegiatan literasi yang dipadukan dengan aktifitas kreasi pemberdayaan masyarakat itu ini saya kira sangat bagus ya. Saya selaku kepala kampung sangat mendukung sekali. Ini bisa diprogramkan dalam rencana kerja bidang perpustakaan atau pemberdayaan masyarakat yang difasilitasi lewat dana desa”, papar Irvan.

Taman baca itu oleh Nurlela diberi nama Taman Baca SN, terletak di kampung Way Pisang kecamatan Way Tuba kabupaten Way Kanan. Tempatnya rapi, sejuk dan asri. /Redaksi/Yuswantoro

Editor ; Eno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *