Connect with us

Berita

CANDI HINDU TERUNIK DI NUSANTARA

Published

on

WWW.BERITATERKINI.CO.ID
Candi Jiwa adalah candi peninggalan kerajaan Hindu Tarumanegara Jawa Barat yang eksistensinya masih belum banyak diketahui oleh masyarakat Nusantara hal ini bisa terjadi karena dalam buku buku sejarah Nusantara candi ini tidak pernah disebut.

Keunikan Candi yang terletak di komplek permandian Batujaya wilayah Pakisjaya, Kerawang, Jawa Barat ini karena terletak di hamparan sawah yang subur dengan Pemandangan persawahan yang luas dan mempesona. Selain itu Candi Jiwa struktur bagian atasnya berbentuk seperti bunga padma (bunga teratai) serta Bangunan candi Jiwa tidak terbuat dari batu, namun dari lempengan-lempengan batu bata.

Baca Juga :  Ditunjuk Jadi Komisaris Pertamina, Ini Respon Ahok

Keunikan lain dari Candi jiwa adalah memiliki aura yang sangat mistis. Dari keterangan warga yang menghuni daerah sekitar candi Jiwa mengatakan bahwa dulu ada beberapa kali kejadian binatang Kambing yang tiba tiba mati tampa sebab karena melewati unur atau gundukan tanah yang menutupi candi tersebut, mulai saat itu masyarakat disekitar Candi itu menganggap bahwa Candi itu memiliki “Jiwa”, karena tidak hanya sekali kejadian kambing yang mati tampa sebab yang jelas karena melewati unur tersebut mati.

Baca Juga :  Pantau Saudi, Pemerintah Siapkan Dua Skema Penyelenggaraan Haji

Situs Candi Jiwa ini termasuk dalam salah satu candi tertua yang pernah berdiri di Indonesia. Bahkan banyak yang berpendapat bahwa Candi ini adalah candi pertama yang dibangun di Bumi Nusantara.

Candi Jiwa adalah Candi peninggalan kerajaan Tarumanegara yang umurnya diprediksi lebih tua dari Candi Borobudur di Magelang. (Red/Aj)

Penulis;
Ir. IP. Sudiarsa Boy Arsa, ST., MT., IAI.
(Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Nawa Cita Pariwisata Indonesia Provinsi NTB)

Continue Reading
5 Comments

5 Comments

  1. ปั้มไลค์

    22, Juli 2020 at 11:31 pm

    Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. I like the valuable information you provide in your articles.

  3. A big thank you for your article.

  4. เบอร์สวยมงคล

    22, Juli 2020 at 11:35 pm

    Thanks for fantastic info I was looking for this info for my mission.

  5. SMS

    22, Juli 2020 at 11:38 pm

    Your site is very helpful. Many thanks for sharing!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Presiden Jokowi Tinjau Penataan Kawasan dan Pembangunan Terminal Multifungsi di Labuan Bajo

Published

on

By

LABUAN BAJO, WWW.BERITATERKINI.CO.ID, Peninjauan berlangsung saat kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Kamis, 1 Oktober 2020.

Presiden Joko Widodo meninjau sejumlah pengembangan prasarana yang berada di Kampung Ujung, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo dalam kunjungannya ke Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Kamis, 1 Oktober 2020.

Di lokasi tersebut, Kepala Negara meninjau perkembangan penataan kawasan setempat melalui pembangunan dan penataan jalan, pedestrian, tepi pantai, serta drainase pendukung.

“Di situ kita tata trotoarnya, pelabuhan lama yang semuanya kita rombak, kita pindah ke pelabuhan yang baru di Wae Kelambu. Kita harapkan tahapan yang pertama akan selesai di akhir tahun 2020 kemudian tahapan kedua akan selesai di tahun 2021,” ujar Presiden.

Baca Juga :  Ditunjuk Jadi Komisaris Pertamina, Ini Respon Ahok

Sebelum melakukan peninjauan di Kampung Ujung, Kepala Negara diketahui terlebih dahulu meninjau sejenak kawasan Pelabuhan Labuan Bajo.

Dari Kampung Ujung, rangkaian kunjungan kerja tersebut kemudian berlanjut pada peninjauan kawasan dan sarana gedung di Batu Cermin yang berjarak kurang lebih 5,3 kilometer dari lokasi peninjauan pertama.

Kegiatan penataan di lokasi tersebut telah dimulai pelaksanaannya pada 16 Maret 2020 lalu. Saat ini perkembangan penataan telah mencapai 47 persen dan akan terus berproses ke depannya.

“Di sini memang dibangun di titik-titik kawasan yang telah ditentukan, yang telah direncanakan tahun yang lalu. Ini sudah dimulai, seperti sekarang yang kita lihat ini di kawasan Batu Cermin yang sudah dimulai seperti ini,” ucapnya.

Baca Juga :  AKABRI 1989 DAN AKMIL MEMBASMI COVID DI MAGELANG

Selain itu, Kepala Negara dan rombongan terbatas juga sejenak meninjau proyek pembangunan terminal multifungsi yang berada di daerah Wae Kelambu. Terminal tersebut nantinya akan fokus dan diperuntukkan untuk mendukung aktivitas bongkar muat peti kemas kapal.

Selepas peninjauan sejumlah prasarana tersebut, Presiden Joko Widodo akan menyerahkan bantuan modal kerja bagi para pelaku usaha mikro dan kecil dari Labuan Bajo.

Mendampingi Presiden dalam rangkaian kunjungan kerja tersebut di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat. (Red/Aj)

Penulis : Boy A

Continue Reading

Berita

Dipandu Ideologi Pancasila, Presiden : Semua Tantangan Dapat Kita Lewati

Published

on

By

JAKARTA, WWW.BERITATERKINI.CO.ID, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa bangsa Indonesia telah menghadapi berbagai tantangan dan ujian dari sejak zaman kemerdekaan sampai saat sekarang ini.

“Tantangan dan ujian dalam berbagai bentuk kita hadapi di zaman kemerdekaan, di masa pembangunan, pada era globalisasi, dan sekarang, negara kita ditantang dengan ujian yang tak alang-kepalang : pandemi Covid-19,” kata Presiden Joko Widodo melalui unggahan di akun Facebook pribadinya, Kamis (1/10).

Namun, Kepala Negara optimistis segala tantangan tersebut dapat dilewati bangsa Indonesia dengan persatuan dan persaudaraan yang dipandu ideologi Pancasila.

Baca Juga :  Cegah Covid 19, Sat Lantas Polres Serdang Bedagai Melaksanakan Imbauan Melalui Radio Sergai FM

“Semua tantangan itu selalu dapat kita lewati dan kita menangi berkat kekuatan yang nyata, yaitu persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu ideologi Pancasila,” kata Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo, Kamis (1/10) pagi, memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Upacara dihadiri oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyala Mattalitti, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Idham Azis.

Baca Juga :  ANTISIPASI LAJU PENYEBARAN COVID-19, PEMERINTAH SIAPKAN 132 RS RUJUKAN SALAHSATUNYA WISMA ATLET KEMAYORAN

Selain itu, upacara diikuti juga secara virtual oleh para menteri, pimpinan lembaga negara/instansi pusat, serta keluarga pahlawan revolusi. Turut hadir secara virtual kepala daerah/forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompimda), serta kepala lembaga yang ada di daerah. (Red/Aj)

Penulis : Boy A

Continue Reading

Berita

Provinsi Kepri Harus Jadi Contoh Pilkada Tanpa Covid-19

Published

on

By

KEPULAUAN RIAU, WWW.BERITATERKINI.CO.ID, Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin melakukan kunjungan silaturahmi ke Kapolda Irjen Pol Aris Budiman, Senin (28/9) berapa hari yang lalu

Penjabat Sementara (Pjs.) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Bahtiar, memimpin Rapat Rutin Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Provinsi Kepulauan Riau bersama seluruh kepala OPD di Ruang Rapat Utama Kantor Lantai IV, kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Senin (28/9).

Dalam rapat resmi pertama yang dipimpinnya sebagai Pjs. Gubernur, Bahtiar menegaskan bahwa berdasarkan tugas dan arahan yang diberikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ada dua yaitu pelaksanaan pilkada yang berjalan sukses dan memastikan protokol kesehatan selama pilkada dijalankan dengan disiplin ketat.

”Pilkada kali ini sedikit unik karena jika pada pilkada terdahulu tugas Pjs. Gubernur cukup memastikan pilkada damai dan tidak ada konflik maka pada tahun ini ada tugas tambahan, yaitu harus menjaga agar tidak muncul klaster baru kasus Covid pada setiap tahapan pilkada,” jelasnya.

Bahtiar menyadari bahwa semua masyarakat khawatir, karena pemerintah tetap melaksanakan pilkada di tengah pandemi Covid-19, yang mana dapat mengakibatkan penambahan kasus baru.

Namun dirinya memastikan bahwa kekahwatiran tersebut dapat diminimalisir dengan penegakan hukum yang tegas.

Baca Juga :  Tuding Ahok Kelas Glodok, Rizal Ramli Usulkan Dua Tokoh Tionghoa Ini Jadi Bos BUMN

“Kita harus buktikan pilkada di Provinsi Kepulauan Riau bukan jadi klaster baru Covid-19. Oleh karena itu kita akan keras, tegas dan berani meneggakan hukum, bersama kepolisian dan Satpol PP untuk menindak para pelanggar,” jelas Dirjen Polpum Kemendagri ini.

Dalam beberapa hari ini, Bahtiar mengungkapkan akan melakukan pertemuan secara bergantian dengan pasangan calon yang akan mengikuti kontestasi pilkada 2020 untuk memastikan bahwasanya mereka harus mematuhi segala peraturan yang terkati dengan pilkada dan penerapan protokol kesehatan.

“Saya akan silaturahim dengan semua paslon, kpu dan bawaslu serta forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat, dalam rangka menjaga dan merawat seluruh tahapan pilkada berlangsung damai dan juga mencegah terjadinya kerumunan, tak ada pengerahan massa dan masyarakat merasakan pilkada justru memberi manfaat bagi masyarakat.

Kita harus ubah pilkada 2020 sebagai momentum tuk penanganan Covid-19 dan memilih pemimpin daerah yg mampu tangani Covid-19.

Untuk kesuksesan pelaksaaan pilkada di daerah, Bahtiar menyampaikan untuk terus mengoptimalkan peran dari tim Desk Pilkada, bukan hanya dari Provinsi namun juga dari Kabupaten Kota yang ada di provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Ditunjuk Jadi Komisaris Pertamina, Ini Respon Ahok

“Tim ini setiap hari harus buat laporan. Termasuk kabupaten/kota yang tidak melakukan pemilihan bupait/wali kota namun tetap ada pelaksaan pilkada Gubernur jadi wajib melaporkan juga Dari kabupaten/kota lapor ke Provinsi nanti Provinsi rangkum dan sampaikan ke pusat. Karena laporan ini setiap hari Jum’at akan dibacakan ke Presiden,” harapnya.

Terkait realisasi pelaksanaan APBD provinsi Kepulauan Riau hingga September 2020, Bahtiar menyampaikan apresiasinya karena cukup tinggi penyerapannya dan berharap semakin cepat realisasinya untuk menggerakan perekonomian daerah.

“Realisasinya tadi 54 persen cukup bagus. Kalau bisa hingga akhir tahun ini mencapai 99 persen bahkan 100 persen. Segera realisasikan karena APBD ini merupakan salah satu instrumen penggerak ekonomi,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H.TS. Arif Fadillah terus mendorong kepada setiap OPD di Lingkungan pemerintah provinsi Kepulauan Riau untuk mempercepat langkah penyusunan APBDP dan APBD karena waktu yang sangat terbatas.

“Kawan-kawan untuk segera menindaklanjuti dalam penyusunan APBDP. Tak bisa kita diamkan karena waktu sudah semakin dekat sekali. Target kita minggu ini APBD-P harus sudah clear,” perintahnya. (Red/Aj)

Penulis : Boy A

Continue Reading

Trending