BANDUNG, WWW.BERITATERKINI.CO.ID || Massa tergabung dalam Pekerja Hiburan Malam Bandung menggeruduk kantor Wali Kota Bandung Oded M Danial. Mereka, terdiri pria dan perempuan, menggelar aksi damai menuntut tempat hiburan dibuka.

Dikutip sebagian dari detikcom, Senin (3/8/2020) siang, massa berjalan kaki di Jalan Wastukencana, Kota Bandung. Aksi demonstrasi ini mengakibatkan Jalan Wastukencana ditutup.

Sambil membawa spanduk serta baliho beragam tulisan dan bendera merah putih, mereka menuntut agar Oded segera memberikan izin tempat hiburan malam. Sejumlah perempuan pekerja hiburan malam membentangkan spanduk bertuliskan ”AKSI DAMAI PEKERJA HIBURAN MALAM BANDUNG”.

Wini (30) seorang pekerja hiburan malam di satu tempat karaoke mengaku sudah hampir lima bulan menganggur. Selama itu pula ia tidak mendapat penghasilan.

“Gaji gak dapet, gak ada kompensasi apapun, mereka menjanjikan akan ngasih perbulan Rp 600 ribu itu pertiga bulan tapi sampai sekarang tidak ada,” ujar Wini, saat ditemui di Balai Kota, Jalan Wastukencana, Senin (3/8/2020).

Wini yang juga ibu rumah tangga ini mengaku tidak memiliki pemasukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya anak-anaknya.

“Saya juga ibu rumah tangga ya, tidak ada penghasilan sama sekali, mau jualan juga jualan apa, bingung. Anak juga kan di rumah walaupun gak sekolah ya, tapi kan tetap pihak sekolah itu meminta untuk biaya apa gitu kan. Walaupun mereka di rumah, pihak sekolah tetap telepon meminta pembayaran tiap bulan untuk daftar ulang. Kita dapet uang darimana kalau gak dari tempat hiburan ini?,” katanya.

Ia berharap, melalui aksi unjuk rasa ini pemerintah dapat segera membuka tempat hiburan di kota Bandung, agar ia dapat bekerja kembali.

“Pengennya sih dibuka kembali di Kota Bandung ini, biar kita bisa bekerja kembali untuk memberi anak-anak kita makan, hanya itu harapan kami. Ingin dibuka, hanya itu harapan kami,” ucapnya.

Kedatangan para pekerja hiburan malam ini untuk menyampaikan aspirasi. Sekadar diketahui, sudah lima bulan tempat hiburan malam ditutup bertepatan pandemi COVID-19.

“Buka buka tempat hiburan, buka tempat hiburan sekarang juga,” kata salah satu orator.

Mereka menyebut, selama lima bulan hidup mereka terombang-ambing tanpa penghasilan tetap. Padahal, tempat hiburan malam di Kota Bandung sudah memenuhi protokol kesehatan.

“Selama lima bulan kami menjadi korban kesewenang-wenangan kalian. Protokol kesehatan sudah kita turuti, tapi itu hanya jadi kelinci percobaan saja, karena tidak ada kebijakan yang jelas,” ujarnya.

Balai Kota Bandung diDemo Ribuan Pekerja Hiburan malam

Foto : detik.com

Ribuan pekerja hiburan malam melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Wali Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (3/8/2020).

Unjuk rasa ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB, masa aksi yang terus bertambah membuat  Jalan Wastukancana ditutup total.

Massa datang membawa sejumlah selebaran dan spanduk berisikan tuntutan mereka seperti lima bulan sudah menahan lapar, menunggu solusi yang bijak dan meminta diberikan jaminan sosial.

Massa bergantian menyampaikan orasi di atas mobil komando. Setelah melakukan orasi, massa kemudian diterima Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung untuk melakukan mediasi.

Hingga saat ini, massa masih bertahan di halaman Kantor Wali Kota Bandung, sambil menunggu perwakilan yang sedang melakukan mediasi dengan pemerintah Kota Bandung.

Ketua Forum Perkumpulan Pegiat Parawisata Bandung Ruli Pangabean mengatakan, kedatangan masa ke kantor Wali Kota Bandung meminta kejelasan kapan izin tempat hiburan malam. “Tidak ada maksud lain, kita hanya meminta kapan tempat hiburan malam,” kata Ruli.

Ia mengungkapkan para pekerja tempat hiburan malam sudah mengeluhkan dengan kondisi perekonomian. “Mereka kehilangan pekerjaan, sudah banyak yang mengeluh tidak banyak uang, bahkan banyak yang kasbon,” ujarnya.

“Kita minta, buka, itu saja,” kata Ruli menambahkan.

Editor : Hardi

7 KOMENTAR

  1. … [Trackback]

    […] Find More Info here on that Topic: beritaterkini.co.id/2020/08/03/kantor-wali-kota-bandung-didemo-menggelar-aksi-damai-menuntut-tempat-hiburan-malam-dibuka/ […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here