Berita

Tanggapan Kapolda Sultra soal Terkait Video 40 TKA China yang Tiba di Bandara Kendari

Beritaterkini.co.id | Sulawesi Tenggara (Sultra), digegerkan dengan beredarnya video berdurasi 58 detik yang menunjukkan puluhan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China tiba di Bandara Haluoleo Kendari, Minggu malam (15/3) 2020.
Dalam video tersebut, puluhan Tenaga Kerja Asing ( TKA ) asal china itu mengenakan masker. Seseorang yang diduga mengambil video tersebut juga menyebutkan bahwa puluhan TKA itu adalah pembawa Virus Corona yang baru datang dari China. Video itupun viral di media sosial, khususnya WhatsApp dan Facebook.

“Corono bro, satu pesawat corona baru datang, corona bro, luar biasa detdetdetdet. Di bandara HaluoleoKendari,” sebut seseorang yang merekam video tersebut menyeletuk.

Menanggapi video viral tersebut, Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam, menjelaskan video tersebut benar. TKA asal China yang ada di dalam video itu berkerja disalah satu perusahaan pemurnian nikel di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sultra.
Ujar Merdisyam, jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang datang di dalam video tersebut adalah 40 orang. Puluhan TKA itu, kata dia, bukan datang dari China, tapi dari Jakarta.

“Jadi kami sudah konfirmasi bersama dengan Pak Danlanud atas video itu. Kami juga sudah melakukan pengecekan langsung. Bahwa benar, mereka adalah TKA yang berkerja disalah satu perusahaan smelter yang ada di Sultra, yang kembali dari memperpanjang visa di Jakarta, jadi bukan mereka baru datang dari China,” tegas Kapolda sultra Merdisyam.

Kepala Polda Sultra, Brigjend Pol Merdisyam.menjelaskan, sejak kedatangan mereka di Morosi, para TKA itu tidak pernah kembali ke China.
“Selama ini mereka memang tidak kembali ke China. Jadi para TKA tersebut dari Jakarta, mengurus izin kerja dan memperpanjang kontrak di Jakarta, akan kembali ke tempat smelter melalui Bandara Haluoleo Kendari,” Jelasnya.
Merdisyam mengatakan bahwa, setelah dilakukan pengecekan, seluruh TKA yang datang itu sudah mengantongi surat keterangan sehat dari Balai Karantina Kesehatan.
“Mereka juga sudah dilengkapi dengan surat keterangan dari karantina kesehatan, dan perizinan dari Imigrasi sebelum mereka tiba di Kendari,” terangnya.
Merdi mengatakan, memang sempat terjadi kepanikan warga sejak beredarnya video tersebut. Dia mengimbau agar warga tak mem-publish sesuatu yang dapat meresahkan masyarakat karena terancam pidana.
“Hal ini (kepanikan warga) terjadi karena ada yang meng-upload sesuai dengan video yang kita terima itu. Saya ingatkan jangan membuat hal hal yang dapat meresahkan masyarakat tanpa ada dasar, karena bisa dikenakan dengan tindak pidana, khususnya UU ITE. Jadi peringatan keras bagi masyarakat, jangan sembarangan mengupload dan membuat resah masyarakat,” Tuturnya.

Editor: Effendi | GR

Related Articles

47 Comments

  1. In our online leaflet, we exert oneself to be your principled provenance after the latest dirt close by media personalities in Africa. We prove profitable special distinction to momentarily covering the most applicable events concerning celebrated figures on this continent.

    Africa is well-heeled in talents and unique voices that shape the cultural and social countryside of the continent. We blurry not purely on celebrities and showbiz stars but also on those who make substantial contributions in diverse fields, be it ingenuity, manoeuvring, realm, or philanthropy https://afriquestories.com/2024/03/page/11/

    Our articles fix up with provision readers with a thorough overview of what is incident in the lives of media personalities in Africa: from the latest news and events to analyzing their clout on society. We keep spoor of actors, musicians, politicians, athletes, and other celebrities to provide you with the freshest news firsthand.

    Whether it’s an limited sound out with a idolized star, an questioning into licentious events, or a scrutinize of the latest trends in the African showbiz mankind, we work at to be your fundamental outset of press release yon media personalities in Africa. Subscribe to our publication to lodge informed about the hottest events and interesting stories from this captivating continent.

  2. Acceptable to our dedicated stand in support of staying cultured about the latest story from the Joint Kingdom. We allow the import of being well-informed about the happenings in the UK, whether you’re a dweller, an expatriate, or unaffectedly interested in British affairs. Our exhaustive coverage spans across sundry domains including wirepulling, conservation, culture, production, sports, and more.

    In the bailiwick of civil affairs, we abide by you updated on the intricacies of Westminster, covering ordered debates, authority policies, and the ever-evolving countryside of British politics. From Brexit negotiations and their import on pursuit and immigration to domesticated policies affecting healthcare, education, and the atmosphere, we victual insightful examination and propitious updates to stop you nautical con the complex area of British governance – https://newstopukcom.com/exposed-awards-2023-event-information/.

    Monetary news is required in compensation reconciliation the financial pulse of the nation. Our coverage includes reports on market trends, charge developments, and economic indicators, contribution valuable insights in place of investors, entrepreneurs, and consumers alike. Whether it’s the latest GDP figures, unemployment rates, or corporate mergers and acquisitions, we strive to read precise and relevant intelligence to our readers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: