25, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

DISPERINDAG Monitoring Harga Sembako Di Kabupaten Tulungagung 2020

2 min read

TULUNGANGUNG, WWW.BEEITATERKINI.CO.ID
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung melalui Bidang Perdagangan Didik Sulaksono Putro, Se, M. Si beserta tim telah melakukan kegiatan rutinitas survei dan pemantauan untuk harga sembako beberapa waktu lalu selasa 11/8/20, dari hasil Survei dan pemantauan tersebut dimksudkan agar harga bahan pokok bisa tetap setabil.
Monitoring atau survei dilaksanakan pertama kali tepatnya wilayah Pasar kecamatan Ngantru dan dilanjutkan ke pasar-pasar lain sesuai jadwal yang sudah ditentukan lingkup wilayah kabupaten Tulungagung. Menurut Kabid perdagangan tentu informasi ketersediaan pangan yang cukup dan harga yang stabil harus disampaikan ke publik supaya mencegah terjadinya tindakan spekulatif dari masyarakat. misalnya, Gejolak harga di masyarakat tidak hanya disebabkan karena kurangnya pasokan pangan, tetapi juga dipengaruhi oleh informasi yang beredar di media.
“Disini pentingnya kita jaga psikologis masyarakat,” dengan melakukan kegiatan ini juga membantu pemerintah pusat untuk mendapatkan data yang akurat untuk mengambil keputusan maupun kebijakan secara nasional.tuturnya.
Kegiatan monitoring dan evaluasi stok serta harga pangan baik ditingkat produsen, grosir, maupun eceran selalu dipersiapkan untuk mengantisipasi pergerakan harga, apabila terjadi kenaikan harga yang tidak wajar, baik disebabkan gangguan pasokan maupun distribusi bahan pangan.imbuhnya.
Pemantauan harga di pasar rakyat di evaluasi dan dipantau setiap minggu oleh Tim Monitoring dan Evaluasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung. untuk itu informasi dilapangan sengatlah dibutuhkan agar mndapatkan data yang akurat, dari Informasi yang didapat dilapangan merupakan data yang sangat penting yang akan diolah dan dikirimkan kepusat sebagai salah satu bahan .pertimbangan pengambilan kebijakan di tingkat Kota/Kab .hingga tingkat Nasional jelasnya. (Red/Aj)

Baca Juga :  Menteri PANRB Keluarkan SE Imbau ASN Tidak Mudik

Penulis : Beni

5 thoughts on “DISPERINDAG Monitoring Harga Sembako Di Kabupaten Tulungagung 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *