29, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

KAL Maribaya Lanal Tegal Kawal Sedekah Laut

3 min read

TEGAL, WWW.BERITATERKINI.CO.ID
Komandan Pangkalan TNI AL Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, M.Tr.Hanla., CHRMP., bersama unsur jajaran Forkopimda Kota Tegal mengikuti proses upacara dan sedekah laut yang dilaksanakan di Halaman KUD Karya Mina Kota Tegal Jl.Blanak No.10 Kel. Tegalsari Kec. Tegal Barat Kota Tegal, Minggu (6/9/2020).

Tradisi Upacara Sedekah Laut Nelayan Kota Tegal Tahun 2020 di ikuti lebih kurang 300 orang dan di laksanakan dengan himbauan dan pengecekan pemakaian masker dan juga jarak aman.

Turut hadir dalan kegiatan tersebut antara lain Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M, Sekda Kota Tegal Dr. Drs. Johardi, M.M, Danlanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, M.Tr. Hanla., CHRMP, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P, Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo, S.I.K, Kadis Perikanan Kelautan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal Ir. Noor Fuady, Ketua Panitia Sedekah Laut Nelayan Kota Tegal Tahun 2020 H. Tambhari Gustam, Ketua DPC HNSI Kota Tegal H. Riswanto, Ketua PNKT Tegal H. Susanto Agus Priyono, S.H., M.H, Ketua KUD Karya Mina Kota Tegal Hadi Santoso dan Masyarakat nelayan Kota Tegal.

Baca Juga :  ISTRI MANTAN DANLANAL TEGAL PERTAMA TUTUP USIA

Sedekah laut yang biasanya 7 Ancak (sesajen) dilarung ke Laut tahun ini menghadirkan 5 Ancak (sesajen). Dalam pelarungan Ancak di laut untuk keamanan sesuai SOP/Perijinan dan situasional sekarang tidak boleh melebihi dari 5 Mil. Untuk itu peraturan dan tata tertib wajib dilaksanakan.

Dalam sambutannya orang nomor satu di Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M yang intinya adalah bahwa laut merupakan tradisi turun – temurun yang setiap tahunnya dirayakan masyarakat nelayan tegalsari dan sekitarnya.

Sehingga hal ini menjadi sebuah kearifan lokal yang lestari. rutinitas sedekah laut ini terselenggara sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil laut yang telah diperoleh nelayan.

Selain terkandung ungkapan rasa syukur atas rizki yang telah diperoleh, di dalam kegiatan ini, juga terkandung doa agar terus melimpah hasil laut yang diterima. Karena sedekah laut dilaksanakan secara rutin setiap tahun, maka menjadi agenda yang di tunggu – tunggu, bukan hanya bagi warga nelayan, tetapi juga warga Kota Tegal pada umumnya.

Baca Juga :  Kemampuan Jet Tempur Skadron Udara 3 Milik TNI AU

Sehingga secara alamiah sedekah laut telah menambah deretan daftar wisata budaya di Kota Tegal. hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah Kota Tegal untuk terus mengembangkan sektor pariwisata”Jelas Walikota Tegal.

Danlanal tegal menyampaikan bahwa kegiatan sedekah laut/Larung sesaji dilaksanakan setiap tahun dan ini adalah budaya dan bentuk rasa syukur para nelayan kepada sang maha kuasa.

Untuk itu di harapkan kepada nelayan harus selalu bersyukur dan menikmati rejeki dengan Ikhlas dan selalu bersabar, berdoa dan bekerja keras. Sedekah laut ini menjadi suatu kegiatan turun temurun dari nenek moyang, hingga saat ini tetap berjalan.

Kegiatan sedekah laut ini juga di dukung oleh jajaran TNI – Polri, Prajurit Mako Lanal Tegal turut serta dalam pengamanan dan ketertiban acara.

Tidak ketinggalan pula Kapal Angkatan Laut ( KAL) Maribaya Lanal Tegal Mengangkut jajaran rombongan Forkopimda dalam pelarungan di tengah laut sekaligus mengawal jalannya pelayaran “” Jelas Danlanal Tegal. (Red/Aj)

Penulis : Beni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *