Berita

Komandan Kodiklatal Beri Pembekalan Peserta Latihan Armada Jaya XXXVIII TA 2020 Melalui Vicon

SURABAYA, WWW.BERITATERKINI.CO.ID
Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat selaku Direktur Latihan (Dirlat) Latihan Armada Jaya ke-38 TA 2020 memberikan pembekalan kepada peserta latihan Armada Jaya ke-38 TA 2020 memalui Vidio Conference (Vicon), Jumat, (11/9).

Dalam memberikan pembekalan tersebut Dankodiklatal berada di Ruang Kogab TNI Gedung R Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya sedangkan para peserta latihan berada di Ruang Kogasgab Kotama operasi TNI Angkatan Laut.

Pembekalan tersebut juga dihadiri para Pangkotama TNI AL yang turut sebagai peserta latihan antara lain Pankoarmada II sebagai Panglima Komando Tugas Laut Gabungan (Pangkogaslagab), Pangkoarmada I sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Amfibi (Pangkogasgabfib), Pangkoarmada III sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Pertahanan pantai (Pangkogasgabhantai), Pangkolinlamil sebagai Panglima Komando Tugas Pendaratan Administrasi (Pangkogasratmin), Dankormar sebagai Komandan Pasukan Pendarat (Danpasrat), Komandan Denjaka sebagai Dansatgasdukpasus, Kadisdisinfolahta Koarmada II sebagai Dansatgasdukinfo dan Kaddiskes Koarmada I sebagai Dansatgasdukkes.

Dalam pembekalanya Dankodiklatal menyampaikan bahwa tujuan Latihan Armada Jaya ke-38 TA 2020 ini adalah untuk meningkatkan kemampuan unsur pimpinan dan staf Komandoo Tugas Gabungan dalam melaksanakan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada pelaksanaan Operasi Gabungan TNI.

Sedangkan sasaran latihan adalah terujinya kemampuan perorangan maupun satuan untuk mengaplikasikan dan menerapkan doktrin operasi laut gabungan, operasi amfibi, operasi pendaratan administrasi dan operasi pertahanan pantai serta operasi dukungan intelijen, informasi, kesehatan dan operasi dukungan pasukan khusus gabungan selain itu terciptamnya kesamaan persepsi mekanisme PPKM pada operasi gabungan serta terwujudnya pola pikir dan pola tindak yang sama antar prajurit dalam melaksanakan tugas operasi gabungan TNI

.Tema dalam pelaksanan latihan Armada Jaya ke-38 TA 2020 ini adalah Kogaslagab, Kogasgabfib, Kogasgabratmin dan Kogasgabhantai melaksanakan operasi laut Gabungan, operasi Amfibi, operasi pendaratan administrasi dan operasi pertahanan pantai dengan di dukung operasi dukungan intelijen, operasi dukungan informasi operasi dukungan kesehatan dan operasi dukungan Pasukan khusus Gabungan di mandala operasi dalam rangka mendukung kampanye militer Kogab TNI.

Untuk unsur pimpinan dan penyelenggara latihan adalah Pimpinan Umum Latihan dijabat Kasal, Wakil Pimpinan Umum dijabat Wakasal, Katim evaluasi Irjenal, sedangkan penyelenggara latihan Direktur latihan dijabat Dankodiklatal, Wadirlat dijabat Dirdiklat Kodiklatal, De strategi Dankodikmar, De Oyu Dankodikopsla, De Minlog Dirum Kodiklatal, De komlek Dankodikdukum, De Litbang dijabat Dirjiangang Kodiklatal.

Adapun latihan menggunakan metode geladi posko sedangkan macam latihan adalah latihan taktis tanpa pasukan. Untuk pelaksanan dimulai tanggal 14 September hingga tanggal 22 September yang diawali pembukaan oleh Kasal dan diakhiri dengan kaji ulang dan evaluasi tanggal 22 September. (Red/Aj)

Penulis : Beni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: