SURABAYA, WWW.BERITATERKINI.CO.ID
Sepekan ikuti Latihan Operasi Dukungan Informasi (Latopsdukinfo) Aspek Penerangan TNI Angkatan Laut TA 2020, personel Bagian Penerangan Akademi Angkatan Laut (Bagpen AAL) bersama Insan Penerangan di jajaran TNI AL lainnya perdalam peran penerangan dalam sebuah Operasi Militer Perang (OMP).

Latopsdukinfo Aspek Penerangan TNI Angkatan Laut TA 2020 yang digelar sejak 7 September 2020 lalu ini, secara resmi ditutup oleh Sekdispenal Kolonel Laut (E) Nevy Dwi Soesanto, S.T., CHRMP. mewakili Kadispenal Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc.Sc., secara virtual dari Gedung Dispenal, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jum’at (11/9).

Lima personel Bagpen AAL yang tergabung di Unit Tugas (UT-3) bersama Bagpen Kodiklatal, Bagpen STTAL, Bagpen Puspenerbal dan Dispen Lantamal VII mengikuti acara penutupan latihan secara daring di Kantor Dinas Penerangan Koarmada II Ujung, Surabaya.

Kadispenal dalam sambutannya yang dibacakan Sekdispenal mengatakan hari terakhir dari latihan ini adalah kegiatan evaluasi yang merupakan bentuk review dari semua latihan yang telah dilaksanakan selama kurang lebih satu minggu.

Baca Juga :  DANYONMARHANLAN XIII TERIMA KUNJUNGAN TIM DARI BAKAMLA RI

“Evaluasi sangat diperlukan untuk mengetahui kekurangan dalam pelaksanaan latihan sehingga kedepan dari hasil evaluasi ini akan dijadikan dasar dalam melaksanakan perbaikan pada latihan berikutnya,” terang Zaenal –sapaan akrab Kadispenal ini.

Kadispenal juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para peserta latihan yang dengan penuh semangat berlatih mengikuti petunjuk dari panitia latihan walaupun dalam situasi penuh keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

“Semangat yang peserta tunjukkan selama latihan terlihat dari antusiasme dalam menjawab dinamika persoalan yang dimunculkan oleh staf latihan,” terangnya.

Menurutnya, persoalan yang dilontarkan panitia sebenarnya merupakan pekerjaan sehari-hari yang dilakukan persoalan penerangan, tetapi dengan materi yang berbeda, dalam kondisi menghadapi terjadinya perang, seperti pembuatan press release dan media propaganda dalam bentuk poster, banner hingga video.

Baca Juga :  OPERASI GIAT GAKKUM PERATURAN BUPATI MAGELANG NOMOR 38 TAHUN 2020 TERKAIT PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19

“Saya mengharapkan agar ilmu yang didapatkan dari latihan ini bisa ditularkan kepada rekan-rekannya mengingat Latopsdukinfo Aspek Penerangan merupakan salah satu jawaban atau solusi dalam menghadapi tantangan dalam era globalisasi yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi utamanya bidang atau teknologi penerangan,” kata Kadispenal.

Kadispenal menambahkan kegiatan latihan yang telah dilaksanakan ini merupakan cermin dari kegiatan yang kita kerjakan dimasa depan apabila terjadi perang.

“Peran unsur Penerangan dalam sebuah Operasi Militer Perang kedepan akan menjadi hal penting dan strategis, peran Personel Penerangan pada hakekatnya adalah Perang Opini dan Kontra Opini untuk mempengaruhi musuh dan publik agar mendukung dan mengikuti keinginan dari kita,” pungkasnya. (Red/Aj)

Kabagpen AAL,
Mayor Laut (KH) Rohman Arif, S. Sos.

Penulis : Beni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here