JAKARTA, WWW.BERITATERKINI.CO.ID
PDI Perjuangan (PDIP) terus membuktikan bahwa pandemi covid-19 tak menghentikan seluruh gerak kemanusiaan, termasuk menghibur rakyat secara daring dengan pagelaran ludruk tombo Covid-19.

PDI Perjuangan terbukti hadir dengan jalan kebudayaan yang begitu kuat.

Ludruk diadakan pada Jumat (11/9/2020) malam oleh Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDIP dengan memenuhi protokol kesehatan pencegahan virus yang sangat berbahaya tersebut.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, memberi sambutan pada pembukaan acara tersebut dengan mengapresiasi BKNP PDIP yang dipimpin Aria Bima dan Rano Karno.

“Kami memberikan apresiasi, bahwa di tengah pandemi covid-19, BKN terus-menerus memiliki prakarsa untuk menampilkan jatidiri kebudyaaan bangsa, menampilkan cerita-cerita yang merakyat yang berangkat dari seluruh dinamika kehidupan rakyat itu sendiri,” kata Hasto, Jumat (11/9/2020) malam.

Hasto mengaku, sebelum memberi sambutan, terlebih dahulu dirinya bercerita kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Dan sang ketua umum yang juga Presiden RI Kelima itu menitipkan salam.

“Beliau (Megawati, red) juga menegaskan bagaimana dengan ludruk ini tidak hanya drama yang menampilkan cerita kepahlawanan, cerita rakyat, tetapi ludruk menampilkan tentang kebudayaan nusantara yang begitu beragam. Terlebih ludruk ini disampaikan dengan warna dialog suroboyoan, Jawa Timuran,” urai Hasto.

Menurut Hasto, budaya jawa timuran bersifat egaliter.

Karya budaya ini menampilkan tidak hanya hiburan bagi rakyat, tetapi juga suatu kritik, narasi, yang membuka kesadaran untuk mencintai kebudayaan sendiri. (Red/Aj)

Penulis : Supryadi

6 KOMENTAR

  1. … [Trackback]

    […] Read More Info here to that Topic: beritaterkini.co.id/2020/09/12/pdip-tampilkan-ludruk-kirun-cs-hasto-harapan-rakyat-bisa-tertawa-di-tengah-kesulitan-pandemi/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: beritaterkini.co.id/2020/09/12/pdip-tampilkan-ludruk-kirun-cs-hasto-harapan-rakyat-bisa-tertawa-di-tengah-kesulitan-pandemi/ […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here