Berita

*Semangat Gotong-Royong Modal UMKM Maju*

Oleh Ir feriko sitepu , M. PWK
Pendiri / ketum yayasan UMKM indonesia

JAKARTA, WWW.BERITATERKINI.CO.ID
Ada hal menarik dan relevan yang patut kita angkat berdasarkan observasi penulis saat terjun langsung menjadi pelaku usaha mikro selama beberapa tahun secara total, bahwa nilai-nilai Pancasila masih terlihat melalui sikap dan tingkah laku pelaku Usaha Mikro.

Nilai-nilai ini juga terlihat dalam komunitas ini, walaupun masih belum berkembang sebagaimana diharapkan.

Kita patut bangga bahwa ketahanan dan kelenturan yang dimiliki pelaku sektor ini yang mampu bertahan dan bangkit dalam situasi dan kondisi belum mendukungnya berasal dari nilai-nilai tersebut.

Oleh karena itu, nilai-nilai Pancasila yang berakar pada kearifan lokal dan keyakinan pelaku UMKM patut dikembangkan sebagai kecerdasan pelaku dalam mendorong kemajuan UMKM ke depan.

Kita begitu bersemangat dan mengharapkan masukan, dukungan dan bantuan nyata semua pihak dalam rangka melakukan penelitian terkait potensi ini agar dapat dikembangkan menjadi nilai-nilai pendorong pelaku UMKM Indonesia yang cerdas Pancasila.

Satu hal penting dalam mendorong UMKM kita lebih berdaya ke depan adalah perlunya semangat gotong-royong semua pihak terkait. Tanpa semangat ini, maka pemberdayaan UMKM yang jumlahnya signifikan dan menyangkut hampir 98% dari seluruh angkatan kerja akan menjadi sia-sia. Semangat ini juga yang menjiwai pemberdayaan UMKM kita, sebagaimana diamanatkan dalam UUD45 Pasal 33.

Kita berharap semangat gotong-royong ini juga mampu menyentuh hati segenap anak bangsa yang memiliki kesempatan mewujudkan amanah mulia Pendiri Bangsa untuk menjadikan UMKM sebagai lokomotif dalam memajukan kesejahteraan umum, memperkuat struktur perekonomian nasional dan mewujudkan pelaku UMKM (insan) cerdas Pancasila.

Semoga semangat gotong-royong ini menjadi semangat kita bersama dalam mendorong UMKM kita berdaya mengisi era new normal dan menyongsong Indonesia maju. (Red/Aj)

Penulis : Beni

Related Articles

One Comment

  1. We are a group of volunteers and starting a brand new scheme in our community. Your website offered us with helpful information to work on. You’ve performed an impressive task and our whole community might be thankful to you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: