6, Desember 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Tandai Berakhirnya Program Katalogisasi, Perbekel Desa Kesiman Petilan Serahkan Buku Katalog Kepada Warga Pemilik Lontar

2 min read

KESIMAN PETILAN, WWW.BERITATERKINI.CO.ID
Selasa tanggal 22 september 2020, Pemerintah Desa Kesiman Petilan melakukan acara serah Terima hasil dari Program Identifikasi dan Katalogisasi Pustaka Lontar kepada warga pemilik atau pewaris lontar.

Acara yang dimulai.pukul 14.00 wita dihadiri Perbekel, Ketua BPD, para Kepala Dusun, pembina dan Tim pelaksana program dan seluruh pemilik Lontar.

Dalam sambutannya Perbekel Desa Kesiman petilan I Wayan Mariana, Menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada tim pelaksana program dan kepada pemilik lontar dan berjanji akan melanjutkan program ini di tahun depan dengan peningkatan anggaran dan jumlah lontar yang di identifikasi.

Dalam kesempatan itu Ketua BPD Kesiman Petilan I Wayan Rudita. ST juga menyampaikan ucapan selamat dan Terima Kasih kepada Tim karena sudah melaksanakan kegiatan dengan baik .

Baca Juga :  Dapat Promosi Jabatan, Ketua KPK Terpilih Firli Bahuri Akan Jabat Kabaharkam

Ucapan terimakasih juga disampaikan Ketua BPD kepada pemilik Lontar, karena tanpa keterbukaan dari pemilik Lontar maka program ini takan terlaksana.

Dalam sambutannya Ketua BPD menyampaikan latar belakang lahirnya program ini adalah sebagai bagian keberpihakan PemDes pada Budaya terutama pada proses konservasi terhadap warisan Lontar karena Kesiman Petilan adalah desa Tua yg tentunya memiliki banyak warisan Lontar.

“Harapannya kedepan akan terselamatkan Lontar-Lontar kuno, lalu terbentuk nya generasi pelestari Lontar Desa, dan dalam jangka panjang Desa Kesiman Petilan bisa menjadi barometer dan tolok ukur pelaksanaan konservasi pustaka lontar sehingga Desa menjadi Museum Lontar yang jadi tujuan para pemerhati dan penggiat lontar dalam hal penelitian, Tentunya hal ini tidaklah mudah dilakukan dan butuh keterlibatan semua warga dan pihak-pihak yang berwenang ” lanjutnya

Baca Juga :  POTENSI WISATA SARMASI AIR TERJUN TERTINGGI DI SIDRAP YANG SIAP DIKEMBANGKAN.

Ketua TimĀ  Program Identifikasi dan Katalogisasi Pustaka LontarĀ  I Wayan Gede Sukawidana menutup acara menyampaikan bahwa pada bulan bahasa Bali Tahun depan akan di adakan “Bedah Lontar” yang dipilih dari lontar yang diindentifikasi.

Program Inilah sebagai momentum upaya konservasi Pustaka Lontar Desa.

Redaksi : Aj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *