6, Desember 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

DINAS TENAGA KERJA, PENANAMAN MODAL, PELAYANAN TERPADU KABUPATEN LOMBOK UTARA MELAKSANAKAN KEGIATAN PELATIHAN PERTUKANGAN KAYU DAN BATU.

2 min read

TANJUNG, WWW.BERITATERKINI.CO.ID
Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lombok Utara mengadakan pelatihan peningkatan sumber daya manusia bidang Jasa konstruksi yaitu pelatihan pertukangan batu dan kayu yang diadakan pada hari Senin, 28 September 2020 di Tanjung dibuka oleh kepala dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lombok Utara (NTB) Agus Tisno, S.Sos.

Kegiatan ini diikuti oleh tenaga kerja (tukang) yang berasal dari beberapa desa diwilayah kabupaten Lombok Utara- NTB sebanyak 32 orang yang dibagi menjadi satu kelas 16 orang untuk pertukangan Batu dan satu kelas lagi yang juga berjumlah 16 orang untuk pertukangan Kayu.

Dalam sambutannya Agus Tisno mengatakan Pelaksanaan kegiatan ini adalah momintum yang tepat pada saat terjadi wabah Covid-19 karena saat ini banyak tenaga kerja baik formal maupun informal yang tertimpa PHK ditempat mereka bekerja sehingga dengan adanya pelatihan ini masyarakat tenaga kerja khususnya Tukang Kayu dan Batu dikabupaten Lombok Utara mempunyai kegiatan untuk peningkatan profesional Sumber Daya Manusianya sehingga menjadi tenaga kerja yang Kompeten dibidangnya apa lagi masyarakat lombok utara sedang gencar gencarnya membangun,merehab dan rekonstruksi tempat tinggalnya akibat bencana gempa bumi tahun 2018 silam.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Virus Corona di Lapas dan Rutan PPP Minta Presiden Beri Grasi & Amnesti Selektif Kepada Napi

Selain itu pula kadis Agus meminta kepada panitia agar kegiatan ini selalu mengikuti protokol kesehatan yg sudah ditetapkan pemerintah pusat karena ada wabah pandemi Covid-19.

Sementara itu chairil Furqan ketua penitia kegiatan yang sekaligus selaku kabid Tenaga Kerja dines Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu KLU mengatakan dalam pelatihan pertukangan ini dilaksanakan selama dua minggu dari sekarang Senin tanggal 28 September sampai hari Selasa tanggal 13 Oktober 2020.

Kabid Furqan mengatakan output yabg diharapkan dari kegiatan pelatihan ini adalah menghasilkan Tenaga kerja dibidang pertukangan yang profesional dan kompeten sehingga SDM lombok utara khususnya dibidang pertukangan Mampu bersaing untuk meraih peluang kerja minimal didaerah sendiri.

Baca Juga :  Musdalub, Putra Jaya Umar Pimpin Golkar Tulangbawang Barat

Rony salah satu peserta mengatakan dia dan kawan kawannya sangat senang dengan adanya pelatihan pertukangan ini karena dengan pelatihan ini mereka mampu meraih peluang pekerjaan baru setelah di PHK ditempat perusahaan mereka bekerja akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia, selain itu mereka akan merasa percaya diri untuk meraih peluang kerja dibidang konstruksi.

 

Selama ini peluang dibidang ini banyak diisi oleh tukang tukang diluar KLU akibat ketidak percayaan mereka seperti contoh waktu rehab dan rekonstruksi rumah rumah warga KLU akibat gempa bumi 2018 silam yg tenaga kerjanya sebagian besar dari luar kabuparen Lombok Utara katanya. (Red/Aj)

Penulis : Basriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *