8, Maret 2021

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Peringati Hari Batik Nasional, Cabang BS Jalasenastri AAL Gelar Pelatihan Membatik

2 min read

SURABAYA, WWW.BERITATERKINI.CO.ID, Untuk memperingati Hari Batik Nasional 2020 yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, Cabang Berdiri Sendiri (CBS) Jalasenastri Akademi Angkatan Laut (AAL) menggelar Pelatihan Membatik yang digelar di Ruang Utama Gedung Tjoet Nyak Dien, Kantor CBS Jalasenastri AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (28/9).

Pelatihan Mambatik dalam rangka Hari Batik Nasional 2020 yang menjadi salah satu Program Kerja Cabang BS Jalasenastri AAL tahun 2020 ini, dibuka Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL yang juga Ibu Asuh Taruna AAL, Ny. Eni Edi Sucipto dan diikuti seluruh Pengurus Inti CBS Jalasenastri AAL dan perwakilan Taruni AAL.

Ketua Cabang BS Jalsenastri AAL mengatakan, Cabang BS Jalasenastri AAL mengadakan kegiatan Pelatihan Membatik dalam Rangka Hari Batik Nasional ini, tidak lain untuk mempertahankan batik sebagai warisan budaya Indonesia yang telah ditetapkan UNESCO sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Warisan Kebudayaan Manusia kategori Non-Benda pada 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi – Uni Emirat Arab.

Baca Juga :  Presiden Ingatkan Penerapan Strategi Intervensi Berbasis Lokal

Setelah diakui UNESCO lanjutnya, Presiden Indonesia saat itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuat Keputusan Presiden atau Kepres Hari Batik Nasional. Hari Batik Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 yang menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Tujuan dari pelatihan ini tambah Eni -sapaan akrab Istri Gubernur AAL, Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. ini- adalah untuk melestarikan dan meningkatkan nilai tambah batik Indonesia yang merupakan potensi kekayaan Nasional.

Menurutnya, Kain Batik menjadi sarana manifestasi dari kesabaran, ketekunan dan ketelitian. Batik yang dimaksud adalah kain yang digambar dengan menggunakan alat tradisional yang disebut “Canting” atau cap tembaga untuk mempercepat proses pembuatannya.

Selain diikuti Ibu-ibu pengurus CBS Jalasenastri AAL, Ia juga sengaja menghadirkan perwakilan Taruni AAL untuk mengikuti Pelatihan Membatik ini, untuk membentuk generasi muda Indonesia yang sigap melestarikan batik.

“Semoga dengan pelaksanaan pelatihan ini akan membawa dampak positif terutama bagi ibu-ibu dan Taruni sekalian, karena dapat menambah pengalaman, wawasan keilmuan dan keterampilan, sehingga bisa dikembangkan menjadi usaha sampingan untuk menambah penghasilan keluarga,” terangnya.

Baca Juga :  Medsos dan Media Online Strategi Politik Terbaik di Tengah Pandemi Covid-19

Ia juga berharap, seluruh peserta yang hadir dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan semoga bisa menularkan ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini kepada ibu ibu lainnya dilingkungan masing-masing.

Selanjutnya prosesi membatik dipandu dengan telaten dan cermat oleh Ny. Ferry, para peserta pelatihan nampak cukup antusias mengikuti pelatihan ini karena sebagian diantaranya baru pertama kalinya mengikuti pelatihan seperti ini.

Rangkaian pelatihan dimulai dari proses memilih kain, melukis dengan malam dilanjutkan meluruhkan dan melarutkan malam pada kain dengan memasukkan pada air mendidih sampai dengan mengeringkan kain batik. (Red/Aj)

Kabagpen AAL,
Mayor Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

Penulis : Beni

9 thoughts on “Peringati Hari Batik Nasional, Cabang BS Jalasenastri AAL Gelar Pelatihan Membatik

  1. With havin so much written content do you ever run into any issues of plagorism or copyright violation? My website has a lot of exclusive content I’ve either written myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the internet without my authorization. Do you know any solutions to help
    stop content from being ripped off? I’d really appreciate it.

  2. Nice weblog right here! Also your web site so much up very fast!
    What host are you the usage of? Can I am getting your associate
    hyperlink for your host? I want my website loaded
    up as quickly as yours lol

  3. Wonderful blog! I found it while searching on Yahoo News.
    Do you have any suggestions on how to get listed in Yahoo News?
    I’ve been trying for a while but I never seem to get there!
    Thanks

  4. You’re so awesome! I don’t believe I have read a single
    thing like this before. So wonderful to find someone with
    some original thoughts on this subject. Really..
    many thanks for starting this up. This web site is one thing that’s needed on the internet, someone with a bit of originality!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *