26, November 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

*Menteri PPN Mengikuti Aksi Nasional Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia*

2 min read

WWW.BERITATERKINI.CO.ID
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa ikut terlibat dalam penggarapan video kampanye Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2020.

Aksi CTPS merupakan aksi kampanye nasional lanjutan yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Sejak wabah Covid-19 melanda Indonesia, Presiden Joko Widodo telah menyerukan gerakan untuk melawan virus tersebut.

Pertama ialah aksi kampanye nasional pemakaian masker pada bulan Agustus, kedua dilanjutkan dengan kampanye nasional Jaga Jarak pada September lalu, dan ketiga adalah kampanye CTPS.

Kampanye nasional CTPS selama Oktober ini, bertepatan dengan hari CTPS Sedunia, maka menjadi momen kampanye dan advokasi yang baik antar seluruh negara di dunia.

Baca Juga :  Mantan Hakim Agung Artidjo Alkotsar Masuk Bursa Dewan Pengawas, Ini Respon KPK

Kesadaran untuk menjaga kehigienitasan masyarakat secara umum masih kurang ditambah dengan akses fasilitas CTPS yang masih terbatas.

Sebanyak 40% populasi di dunia tidak memiliki akses CTPS di rumah mereka. Kurangnya akses ini juga terdapat di sekolah, fasilitas umum, pusat transportasi, dan pasar.

Kebersihan tangan saat ini menjadi sangat penting agar aman dari penyebaran Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

CTPS ini menjadi perilaku yang secara efektif dapat mencegah Covid-19 selain memakai masker dan menjaga jarak. CTPS juga menjadi pilar kedua Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yakni pendekatan untuk mengubah perilaku ke arah higienis.

STBM sendiri mencakup 5 pilar yang terdiri dari 1. Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) ; 2.Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) ; 3. Pengamanan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAMRT) ;  4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PSRT) ; dan 5. Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga (PLCRT).

Baca Juga :  Dua Inovator Ini Bantu UMKM Atasi Problem Hukum dan SDM

Dalam aksi kampanye ini, Menteri Suharso menyampaikan seruan untuk mulai membiasakan mencuci tangan dimana pun dan membawa hand sanitizer.

Kebiasaan ini akan menjadi penolong diri sendiri dan juga masyarkaat.

Video kampanye CTPS akan dipublikasikan pada acara puncak Hari CTPS Sedunia melalui Diskusi Panel Kementerian beserta Kepala Daerah dengan tema “Seruan Aksi Nasional : Tangan Bersih untuk Semua” yang akan berlangsung tanggal 15 Oktober 2020, melalui video konferensi. (Red/Aj)

Penulis : Boy Arsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *